Kabar

Tebarkan Munajat, Guru Besar Padasuka Tausyiah di Masjid Islamic Center Samarinda

Padasuka.id.-Tebarkan Munajat di Nusantara, guru besar Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (Padasuka) dan Pengasuh Pondok Pesantren Ummulquro, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, KH. Raden Syarif Rahmat, SQ,MA akan menyampaikan tausyiah dalam acara maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Islamic Center Samarinda, Kalimantan Timur. Rangkaian acara  tersebut akan digelar pada hari minggu, 10 Desember 2017.

Lazimnya, peringatan maulid diselenggarakan pada siang hari atau malam hari. Namun, maulid yang digelar di Masjid Islamic Center Samarinda ini dimulai sejak pukul 04.00 wita. Menurut penuturan salah satu panitia, hal tersebut untuk menciptakan budaya solat Subuh dan solat Dhuha berjamaah. Disamping itu, masyarakat menginginkan suasana khidmat atas kedatangan guru besar Padasuka, KH. Raden Syarif Rahmat.

“Dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Gerakan Sholat Subuh & Dhuha Berjamaah bersama Guru Besar Padasuka dan Pengasuh Pondok Pesantren Ummulquro, diharapkan bisa terus merajut silaturahmi dan persatuan umat. Insyaallah kegiatan ini penuh keikhlasan tanpa ada tendensi politik dan kepentingan lainnya,”  ungkap panitia maulid.

Untuk diketahui, Masjid Islamic Centre Samarinda ini, merupakan terbesar kedua di Asia Tenggara (ASEAN) setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Karena itu, keberadaan Islamic Centre Samarinda ini menjadi kebanggaan masyarakat Kaltim.


Islamic Centre ini mulai dibangun pada 2000. Pencanangannya dilakukan di Bontang, Kaltim, oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), bersama dengan sejumlah proyek infrastruktur lainnya. Selanjutnya, peletakan batu pertama mulai dilakukan pada 5 Juli 2001 oleh Presiden Megawati Soekarno Putri. Dan akhirnya diresmikan pada 12 Juni 2010 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Masjid Islamic Center Samarinda (ICS) berdiri megah di tepian Sungai Mahakam. Pucuk-pucuk menaranya menjulang indah mengapit kubah besar berbentuk dome yang berdiri tegak. Dari atas Jembatan Mahakam yang berjarak sekitar 2 km, masjid ICS tampak begitu indah dan memesona. Semua orang terpukau dibuatnya, hingga mereka rela berjalan kaki dan mendekat untuk menikmati estetika sekaligus bermunajat di dalamnya.

Masjid ICS memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi, luas bangunan penunjang 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi. Tak heran jika masjid ini menjadi masjid terluas dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal Jakarta.

 

1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    awang bachtiar

    12 Desember 2017 at 1:49 pm

    semoga tambah maju sukses dan berkembang Padasuka
    semakin di sukai, semakin bermanfaat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top