Wawasan

Edisi Ngopi Sembari Megang Pena, Sebab Saya Ngga Ngudud

Oleh Uteng Usep Tirta Kusuma

Beragam fadilah yang telah diraih oleh mereka yang mengamalkan Wirid Dan Do’a dalam Kitab MUNAJAT.
Ada yang dilancarkan usahanya, diberikan solusi terbaik bagi segala persoalan dalam hidupnya, diberikan kesembuhan dari segala penyakit medis maupun non medis yang dideritanya, bahkan tidak sedikit di antara mereka yang diberikan ketenangan jiwa dan ketentraman dalam kehidupan rumah tangganya, dan masih banyak lagi.

Namun di atas itu semua, sejatinya Kitab MUNAJAT berisi Wirid dan Do’a yang bersumber dari Al Qur’an. Selain bernilai ibadah bagi yang membacanya, ia juga merupakan media yang paling dicintai Allah dalam rangka berdialog atau berkomunikasi antara seorang hamba dengan Tuhannya dengan segala persoalan dan permasalahan yang ada.

عن أبي ذر الغفاري رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : “إِنَّكُمْ لَا تَرْجِعُوْنَ إِلَى اللَّهِ بِشَيْءٍ أَفْضَلَ مِمَّا خَرَجَ مِنْهُ”  يعني القرآن « هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه (رواه الحاكم فى المستدرك)

Dari Abu Dzar Al Ghiffari RA ia berkata, ‘Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya kalian tdk kembali kepada Allah dengan sesuatu yg lebih utama dari Al Qur’an. (HR. Hakim).

Alhamdulillah, terima kasih Pak Kiyai telah membukakan hati kami kepada Al Qur’an.

Barangkali ini rahasia mengapa Buku itu diberi judul “MUNAJAT”, sebab Munajat bukan sekedar berdo’a, tetapi kita dituntutn untuk berinteraksi dg Sang Khaliq, sebagai wujud merendahkan diri seorang hamba kepada Sang Maha Pencipta, jika ini dilakukan, maka tak perlu lagi menyebutkan segala permohonan, sebab Dia pasti memberikan yang terbaik :

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ مَنْ شَغَلَهُ الْقُرْآنُ وَذِكْرِى عَنْ مَسْأَلَتِى أَعْطَيْتُهُ أَفْضَلَ مَا أُعْطِى السَّائِلِينَ … ». (رواه الترمذي)

Rasulullah SAW bersabda; ‘Allah SWT berfirman: “Baragsiapa yg Al Qur’an menyibukkannya dari bedoa kepada-Ku, niscaya Aku berikan dia sesuatu yg lebih baik dari yg Aku berikan kepada org-org yg berdo’a … (HR. At Tirmidzi)

Wallahu A’lam.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top