Kabar

Dibalik Cerita Rompi Ontokusumo Sunan Kalijaga Kalahkan  Nyai Roro Kidul

Demak, 27/12/2017, Padasuka.id.- Kisah Sunan Kalijaga seolah tak ada habisnya. Sebagaimana diketahui beliau adalah salah satu Wali Songo yang memiliki karomah, ilmu kanuragan dan olah bathin yang tinggi. Dalam sebuah kisah diceritakan bahwa Sunan Kalijaga pernah menaklukan penguasa pantai Selatan, Kanjeng Ratu Kidul.

Pusaka apa gerangan yang bisa mengalahkan Ratu Kidul? Konon kabarnya Rompi Ontokusumo.

Ilustrasi Rompi Ontokusumo

Kisahnya dimulai  ketika, semua daerah di wilayah Pantai Selatan dilanda hujan badai yang sangat hebat. Wabah penyakit merajalela. Pagebluk yang ditimbulkan oleh kejahatan Nyai Ratu Kidul merenggut jiwa siapa saja. Melihat kenyataan ini, Sunan Kalijaga lalu mencoba melawan wabah penyakit yang diciptakan Nyai Ratu Kidul.
Lalu Sunan Kalijaga bertarung dengan Kanjeng Ratu Kidul tersebut, namun sang wali mengalami kekalahan.
Kisah selanjutnya, Sunan Kalijaga mencari wangsit dan bermunajat kepada Allah SWT, sehingga mendapat  petunjuk yang mengatakan bahwa untuk untuk mengalahkan Nyai Ratu Kidul, Kanjeng Sunan Kalijaga harus menghatamkan Alquran.
Sunan Kalijaga pun menghatamkan Alquran di Masjid Demak dan disaksiskan oleh beberapa anggota Wali Songo lainnya. Konon setelah usai menjalankan salat subuh berjamaah para wali menemukan kulit kambing pada hari Kamis Legi malam Jum’at  Pahing.
Kulit kambing tersebut kemudian dibuat menjadi rompi dengan rajahan Sunan Bonang. Rompi inilah yang kemudian disebut sebagai Rompi Ontokusumo.
Selesai dirajah Sunaan Bonang, kemdian dicobanya, ternyata terlalu sempit dikenakan oleh Sunan Bonang. Penasara, para Wali Songo lainnya mencobanya, tetap saja rompi ontokusumo kesempitan. Kemudian giliran Kanjeng Sunan Kalijaga mencobanya, ternyata rompi tersebut sangat pas dan serasi dipakai.

Rompi Ontokusumo tersebut kemudian diberikan kepada  Kanjeng Sunan Kalijaga. Ketika mengenakan rompi it Sunan Kalijaga menjadi lebih kuat.
Kekuatan yang terkandung dalam Rompi Ontokusumo konon sangat luar biasa. Bahkan, para sunan pun tak dapat menyimpulkan secara pasti “cahaya” yang terkandung dalam rompi tersebut.
Sejak saat itu Kanjeng Sunan Kalijaga selalu mengenakan rompi sakti itu.
Rompi ini pulalah yang menjadi tameng dalam pertempurannya menaklukan ratu pantai selatan, Nyi Roro Kidul.
Menurut cerita rompi atau baju Ontokusumo milik Sunan Kalijaga masih tersimpan di Kadilangu Demak

Setiap memperingati hari raya Idul Adha, warga Demak selalu menggelar acara jamasan terhadap rompi Ontokusumo.

1 Comment

1 Comment

  1. santri kanjeng sunan

    15 Februari 2018 at 5:26 am

    subhanallah… seorang wali saja masih menggunakan kulit kambing yang di tuliskan ayat ayat Al Qur an dan kalimat toyyibah untuk mengalahkan musuh, lalu bagaimana sekarang ini ada orang yang bukan waliyullah mengatakan bid ah dan musyrik.

    teringat akan sebuah kisah pada zaman sebelum kedatangan Rasulullah, dalam Al Qur an di kisahkan terdapat “Tabut” yang di jadikan sebagai tameng untuk berperang, dan selalu mendapatkan kemenangan. tabut itu di dalamnya terdapat kitab suci Nabi Nabi terdahulu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top