Kabar

Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW bagi Penjaga NKRI

Padasuka.id – Jakarta Timur. Rabu (28/11/2018) diselenggarakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Komplek Zeni Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), Jl Kesatrian II, Matraman, Jakarta Timur. Acara tersebut mengambil tema: “Jadikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H / 2018 M sebagai Suri Tauladan bagi Prajurit dan PNS TNI AD yang Berjiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern, Manunggal dengan Rakyat.” Sebagai penceramah dalam acara yang diselenggarakan dari pagi hingga siang itu adalah KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA, Ketua Umum Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA).

Foto oleh Eddy Paryanto

Dalam ceramahnya, antara lain, Kiai Syarif menerangkan tentang akhlak Nabi Muhammad SAW yang begitu agung hingga diabadikan di dalam Al-Qur’an. Dengan keagungan akhlak itulah, Nabi Muhammad SAW berhasil menyampaikan dan mengembangkan dakwahnya. Maka, tandasnya, akhlak adalah pondasi utama keberhasilan. Kiai yang juga akrab disapa Kanjeng Sunan ini, mengulas betapa pentingnya menanamkan rasa nasionalisme demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Infonesia (NKRI) yang dengan berdarah-darah telah diperjuangkan oleh para pahlawan. Sebab, rasa nasionalisme atau cinta terhadap tanah air adalah juga yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dijelaskan pula, bahwa Nabi SAW adalah tokoh perdamaian dunia dari masa ke masa, sebab agama Islam yang dibawanya adalah agama damai. Maka itu, tegasnya, sangatlah salah jika ada orang yang mengatasnamakan Islam tetapi merusak rasa damai dengan selalu membuat keributan.

Foto oleh Eddy Paryanto

Terkait dengan akhlak Nabi Muhammad SAW, bukan hanya ditunjukkan kepada mereka yang sudah beriman (beragama Islam), terhadap yang non muslim pun, Nabi tetap berakhlak yang mulia. Maka dapat disederhanakan; bicara Nabi SAW adalah bahasa akhlak, bicara Islam adalah ajaran akhlak, dan bicara nasionalisme tentunya juga dengan akhlak. Dan, yang penting pula diingat, selain sebagai Nabi dan Utusan Allah SWT, Muhammad SAW adalah seorang panglima perang yang menjunjung tinggi nilai-nilai akhlak.

Foto oleh Eddy Paryanto

Acara peringatan Maulid Nabi SAW yang diikuti oleh para penjaga NKRI itu berjalan sangat hikmat dan bermakna. Semoga acara yang dirancang khusus untuk mengagungkan hari kelahiran Nabi SAW tersebut berdampak kebaikan bagi semua anggota prajurit TNI, juga bagi bangsa dan negara. (SM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top