Kabar

Mau Tahu Keindahan Danau Toba? Yuk Lihat dari PDS

Padasuka.id. Salah satu danau terkenal di dunia adalah Danau Toba yang terletak di daerah Sumatera Utara. Danau Toba adalah danau alami terbesar di Indonesia yang berada di kaldera gunung berapi super. Danau ini memiliki panjang kurang lebih 100 kilo meter (62 mile) dengan lebar 30 kilo meter (19 mi). Adapun kedalaman danau sejuta pesona ini, bervariasi; antara ujung, tengah, dan tepi dari berbagai sisi, tidak sama kedalamannya. Namun secara umum, para ahli mengatakan, Danau Toba memiliki kedalaman 505 meter (1657 ft).

Danau Toba yang terletak di tengah pulau Sumatera bagian utara ini, menurut catatan LakeNet, berada di ketinggian permukaan sekitar 900 meter (2953 ft). Danau ini membentang dari 2°53′LU 98°31′BT / 2,88°LU 98,52°BT sampai 2°21′LU 99°06′BT / 2,35°LU 99,1°BT. Dengan perincian ini menunjukkan bahwa Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia. Luar biasa kekayaan dan keindahan alam Indonesia.

Nah, untuk melihat keindahan Danau Toba sambil bersantai ria, di sekitarnya terdapat beberapa wahana wisata. Satu di antaranya adalah wahana wisata dan bermain, Panatapan Dolok Sipintuangin (PDS) yang terletak di Kampung Sipintuangin, Nagori Pariksabungan, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun.

Posisi dari kiri, KH. Syarif Rahmat, Hj. Uswatun Hasanah (istri) beserta Pak Joni dan Istri.

Untuk mencapai lokasi PDS bisa ditempuh dari Bandara Kualanamo melalui Siantar, kurang lebih 4 jam perjalanan. Sementara kalau dari daerah Silangit lewat Parapat, hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam. Adapun rutenya, jika dari Siantar, menuju pelabuhan fery Tigaras, setelah sampai di simpang empat, belok ke kiri, kurang lebih 100 meter sudah tiba di gerbang PDS.

Gus Ahsan (anak ke 4) dari KH. Syarif Rahmat sedang mencoba ayunan yg merupakan salah satu fasilitas dari PDS.

PDS adalah wahana yang berada di atas perbukitan sehingga bisa memandang lepas langsung ke Danau Toba. Dari PDS juga dapat menyaksikan hilir mudik kapal penyeberangan dari pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba menuju wilayah darat di Kabupaten Simalungun, tepatnya menuju ke pelabuhan Tigaras.

Adik Rahma (anak ke 5) putri KH. Syarif Rahmat sedang mencoba salah satu fasilitas permainan dari PDS.

Di PDS tersedia beberapa tempat untuk berpose dengan pemandangan lepas langsung ke Danau Toba. Di sini, juga tersedia jasa pemotretan dengan kamera LSR, sehingga menghasilkan gambar yang cerah dengan obyek yang indah. Sebagai wahana bermain, tersedia rumah pohon, ayunan ekstrem, sepeda gantung, dan lain-lain –perhatikan gambar-gambar ini. Bagi yang muslim, tersedia mushalla dengan fasilitas pendukungnya. Anda penasaran? Langsung saja ke PDS, dijamin betah dan ingin mengulang kembali. Horaass… (SM)

Pak Joni dan Ust. Lukman HAR (kanan).

Pak Joni beserta istri yang merupakan asli keturunan orang Medan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top