Kabar

Usia Bukan Halangan bagi Kakek Ini untuk Mengabdi melalui Banser

Padasuka.id. Jika jiwa juang sudah tertancap di dada, usia bukan lagi halangan untuk mengabdi pada agama, bangsa, dan negara. Inilah kiranya yang mengendap dalam jiwa Mbah Samuji. Sehingga, di usia sepuhnya ia tetap semangat mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Peristiwa ini tergambar dalam tayangan video yang beredar di media sosial, di antaranya melalui WhatsApp, Face Book (FB), dan YouTube.

Seperti diunggah oleh akun AMAN 86 pada 28 November 2018 dengan judul, “Mbah Samuji Peserta Tertua Diklatsar Kartika Nawa XXV Muntilan, Magelang,” tergambar adegan, seorang kakek yang baru saja menyelesaikan materi pelatihan, berjibaku dengan lumpur, lalu mencium bendera Banser, selanjutnya ia disambut oleh panitia penyelenggara. Di saat inilah pecah keharuan, beberapa panitia (Pengurus Ansor-Banser) yang menyambutnya tak dapat menahan tangis. Mereka berpelukan dengan mata berkaca-kaca. Suatu peristiwa yang begitu mengharukan.


Dalam akun FB Chabib towus Ainul Yaqin, diterangkan, atas keterlibatan dalam Diklatsar Banser itu, Mbah Samuji mengatakan, “Aku pengen dhadi Banser mumpung durung mati” (Saya ingin jadi Banser mumpung belum meninggal dunia).

Dijelaskan pula, bahwa Mbah Samuji adalah peserta tertua Diklatsar Kartika Nawa XXV yang diselenggarakan di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

“Sahabat mari kita doakan, semoga beliau selalu diberi kesehatan dan kelancaran di setiap urusannya,” tulis Chabib.

Niat kuat dan tulus Mbah Samuji dapat menjadi inspirasi bagi yang lainnya, terutama bagi kalangan muda. Bahwa ternyata, usia tua bukan halangan untuk membaktikan hidupnya di jalan perjuangan. Sebagai orang yang sudah berusia lanjut, Mbah Samuji tidak manja, ia mengikuti materi pelatihan dengan sungguh-sungguh.

Dari peristiwa Mbah Samuji ini juga menjadi gambaran, bahwa pasukan loreng ala Nahdlatul Ulama (NU) yang akrab dengan cercaan dan fitnah itu, ternyata di lain pihak, banyak mendapatkan respon positif. Dalam sejarahnya, Ansor – Banser adalah badan otonom di bawah NU yang akrab dengan perjuangan untuk menjaga para kiai dan NKRI. Selamat berjuang Sahabat. (SM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top