Kabar

Menumbuhkan Sikap Terpuji melalui Peringatan Hari Lahir Sang Nabi

Padasuka.id – Banten. Kamis malam (29/11/2018) Ketua Umum Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA), KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA, mengisi ceramah agama dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus peresmian Masjid Jami’ As-Sayyidah, di Jl Kesatriaan, Ciputat Timur, Rempoa, Tangerang Selatan, Banten. Acara ini mengusung tema, “Menumbuhkan Sikap Terpuji dan Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW.” Tema ini sangat relevan dengan kondisi bangsa yang semakin hari semakin tumbuh subur berbagai bibit kegaduhan. Bangsa yang dulu dikenal ramah, kini mulai tercabik dengan perilaku penuh amarah. Bangsa yang dulu dikenal santun, kini kata makian bak berbalas pantun.

Sesuai tema acara, dalam uraian ceramahnya, Kiai Syarif Rahmat, antara lain mengupas tentang betapa luhurnya akhlak Nabi Muhammad SAW. Sebab pada dasarnya, Nabi junjungan semesta alam tersebut, diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. Oleh karena itu, sebagai ummat Nabi Muhammad SAW, kaum muslimin wajib mengikuti akhlak Nabinya. Tetapi sangat disayangkan, belakangan ini, banyak orang yang mengatasnamakan ajaran Nabi SAW, perilaku dan akhlaknya jauh dari tuntunan Nabi. Padahal, potret kemuliaan akhlak Nabi SAW sangat jelas, bukan hanya ditunjukkan kepada mereka yang sudah beriman, bahkan kepada yang memusuhinya pun, beliau tetap berakhlak mulia. Atas kemuliaan akhlak itulah banyak orang kafir yang awalnya memusuhi Nabi SAW kemudian berbalik menjadi pengikut setianya.

Masih seputar akhlak, Kiai Syarif juga mengelaborasi dengan kondisi saat ini. Di mana menurutnya, saat ini tidak sedikit orang-orang yang ditokohkan tetapi malah berseberangan dengan perilaku yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai tokoh panutan utama. Maka dari itu, melalui momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan agar kita semua menyadari betapa pentingnya menjaga dan merealisasikan akhlak yang mulia dalam kehidupan beragama, bertetangga, berbangsa, dan bernegara. Satu di antara sekian penyebab rusaknya tatanan saat ini, adalah karena akhlak bukan lagi menjadi pijakan utama dalam bersikap dalam berbagai hal. Jikalau saja akhlak yang menjadi pondasi, niscaya kedamaian akan bersemi kembali.

Acara ini terpantau sangat meriah, para jamaah terlihat begitu antusias mengikutinya. Dalam menyampaikan uraian ceramahnya, kiai yang akrab disapa Kanjeng Sunan ini sesekali menyelengi dengan lantunan shalawat, lagu-lagu, dan humor segar, sehingga membuat jamaah tetap betah mengikuti sampai akhir acara. (AF)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top