Kabar

Kolaborasi Indah di Panggung Dakwah bersama Soneta Legend

Padasuka.id – Kebayoran. Sebagaimana pola dakwah Sunan Kalijaga yang memadukan unsur seni dengan nilai-nilai religi, demikian pula yang kerap dilakukan oleh Ketua Umum Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA), KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA. Satu di antaranya, kiai yang identik dengan blangkon dan busana serba hitam ini berkolaborasi dengan Soneta Legend. Yakni, kelompok musik bergenre dangdut yang digawangi oleh personel senior Soneta Group, H Wempy (rythm) dan H Nasir (mandolin) serta dua pemain saksofon yang pernah bergabung dengan Soneta Group.

Sabtu malam (01/12/2018) dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhamnad SAW di halaman Masjid Jami’ At-Taubah, Kemandoran, RT 06/08, Kelurahan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kiai Syarif kembali berkolaborasi dengan Soneta Legend. Dalam acara ini, beberapa lagu Soneta yang senafas dengan materi ceramahnya dilantunkan oleh kiai yang juga akrab disapa Kanjeng Sunan tersebut. Dari sini, tampak perpaduan yang indah antara keduanya. Sebagai pemain Soneta senior tentu saja besutan musiknya memiliki rasa tersendiri. Tidak kalah menariknya, Kanjeng Sunan pun sangat piawai membawakan lagu-lagu Soneta yang biasa dinyanyikan oleh Rhoma Irama.

Adapun materi ceramah yang diusung berkaitan dengan hikmah Maulid, di antaranya tentang keagungan akhlak Rasulullah SAW serta keuletannya berdakwah di tengah kaum yang diselimuti oleh gelapnya kemungkaran. Materi ceramah ini kemudian dielaborasi dengan konteks kekinian, yang antara lain menyangkut persoalan kebangsaan dan kebhinekaan. (SM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top