Kolom

Tinggal yang Suka Sumpah Serapah

Oleh Abdul Hakim Abu Bakar

Akhir akhir ini acap kali para tokoh, baik dari tokoh politik dan tokoh agama melakukan sumpah serapah dan menghina serta melecehkan satu sama lain. Tidak tanggung tanggung yang di sumpain dan dihina adalah seorang kepala Negara yang hakikatnya adalah diangkat Allah. Hebatnya lagi, mereka melakukan sumpah serapah dan menghina di panggung panggung dakwah, di majelis majelis ilmu bahkan dalam masjid. Naudzubillah

Lewat tulisan singkat ini, saya Santri Kanjeng Sunan ingin menasehati diri dan orang orang disekitar diri lewat firman Allah dalam Al Qur an

Allah SWT berfirman:

وَلَا تُطِعْ كُلَّ حَلَّافٍ مَّهِيْنٍ

Artinya: “Dan janganlah engkau patuhi setiap orang yang suka bersumpah dan suka menghina,” (QS. Al-Qalam: 10)

Dari ayat di atas, Allah mengingatkan kita agar jangan mengikuti dan mentaati tokoh politikus dan tokoh agama yang melakukan sumpah serapah dan menghina serta melecehkan yang lain. Apabila terdapat Politikus yang melakukan hal demikian maka tinggalkan politikus tersebut dan jangan mentaatinya, toh masih banyak politikus yang soleh dan baik yang sering mendoakan untuk kebaikan.

Apabila terdapat Kiyai, Muballigh, Ustadz dan Habib yang sering kali melakukan sumpah serapah dan menghina serta menjelek jelakan orang lain maka tinggalkan mereka, kalau mereka mempunyai majelis maka tinggalkan majelisnya, toh masih banyak ulama yang mendamaikan dan mengajarkan kebaikan serta berdoa untuk kebaikan yang harus di patuhi dan di taati.

Dalam sebuah keterangan Rasulullah SAW menyatakan “Aku diutus bukan sebagai pelaknat tapi aku diutus untuk merahmati”. dari riwayat diatas sesuai dengan firman Allah dalam Al Qur an

Allah SWT berfirman:

وَمَاۤ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّـلْعٰلَمِيْنَ

Artinya: “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.” (QS. Al-Anbiya: 107)

Rasulullah SAW saat berdakwah di daerah Thoif, mengajak untuk memeluk islam, kehadiran Rasulullah disana bukan di sambut malah di sambut, orang orang Thoif melakukan demonstrasi besar besaran menolak kehadiran Rasul bahkan beliau Rasul di lempar sampai berdarah. Melihat kejadian tersebut Malaikat Jibril menawarkan bantuan untuk mengankat bukit Thoif lalu di timpakan kepada mereka, Beliau Rasul menolaknya dan bahkan berdoa kepada Allah, “Ya Allah berikan hidayah kepada mereka karna mereka belum mengatahuinya”.

Subhanallah sungguh indah Akhlak Rasulullah SAW dalam tutur kata dan prilakukanya terhadap Ummat Manusia. semoga kita bisa mengikuti akhlal mulianya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top