Kabar

Telah Terjadi Gempa di Barat Daya Pangandaran. Begini Penjelasannya

Padasuka.id. Telah Terjadi gempa bumi pada hari Selasa, 1 Januari 2019, pukul 19:25:33 WIB. Melalui keterangan tertulis (2/1), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi terletak di Samudera Hindia pada koordinat 108,46° BT dan 10,62° LS, dengan kekuatan M5,0 pada kedalaman 10 km, berjarak 327 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Berdasarkan GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, pusat gempa bumi berada pada koordinat 108,49° BT dan 10,53° LS, dengan magnitudo M4,9 pada kedalaman 10 km. Berdasarkan The United States Geological Survey (USGS), Amerika, pusat gempa bumi berada pada koordinat 108,525° BT dan 10,515° LU, dengan magnitudo M 4,9 pada kedalaman 10 km.

II. Kondisi geologi daerah terdekat pusat gempa bumi

Pusat gempa bumi terletak di Samudera Hindia. Daerah terkena guncangan gempa bumi tersusun oleh batuan sedimen berumur Tersier dan endapan Kuarter. Sebagian batuan sedimen berumur Tersier tersebut telah mengalami pelapukan. Batuan sedimen berumur Tersier yang telah mengalami pelapukan dan endapan Kuarter pada umumnya bersifat lunak, urai, lepas, tidak kompak yang dapat mengamplifikasi guncangan gempa bumi, sehingga rawan guncangan gempa bumi.

III. Penyebab gempa bumi

Gempa bumi yang terjadi dikategorikan sebagai gempa bumi dengan kedalaman dangkal. Berdasarkan posisi pusat gempa bumi dan data mekanisme sumber dari BMKG, kejadian gempa bumi tersebut diakibatkan oleh sesar normal berarah NW-SE pada zona outer rise yg terletak di selatan zona subduksi.

IV. Dampak gempa bumi

Berdasarkan data BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan di daerah pesisir Jawa Barat dengan intensitas III hingga IV MMI (Modified Mercalli Intensity). Kejadian gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena tidak mengakibatkan terjadinya deformasi dasar laut. Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada informasi kerusakan yang diakibatkan oleh kejadian gempa bumi ini.

V. Rekomendasi

(1) Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

(2) Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.

 

Editor : Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top