Kabar

Aksi Pagar Nusa di Festival Janadriyah Pukau Rakyak Saudi

Padasuka.id. Aksi seni bela diri sejumlah pendekar Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa memukau ribuan penonton “Festival Janadriyah” yag digelar di daerah Al-Janadriyah, Kota Riyadh, Arab Saudi. Pelaksanaan festival ini sendiri dimulai dari 20/12/2018 — 20/1/2019.

Dari tiga aksi panggung pesilat Pagar Nusa di acara tahunan negara gurun pasir ini, membuat decak kagum para penonton. Kelihaian dan ketangkasan mereka memainkan gerak jurus bela diri asli Indonesia adalah bagian yang menjadi perhatian khusus penonton. Terlihat seperti menari tetapi nyatanya adalah gerakan bela diri. Kecuali itu, keserasian langkah para pendekar juga tak luput dari perhatian. Karenanya, riuh aplus panjang mewarnai setiap babak akhir penampilan mereka.

Hal menarik lainnya, dalam pagelaran ini, alunan musik pencak tradisional Indonesia, semisal gendang rampak, suling, dan lain-lain, menjadi pengiring yang tidak terpisahkan. Suasana layaknya seperti di Indonesia, merah putih pun turut berkibar bangga di arena pertunjukan. Dengan ini, selain telah menyuguhkan pertunjukan khas, Pagar Nusa juga turut andil mengibarkan bendera negaranya di pentas negara Timur Tengah.

Menurut salah seorang panitia, Festival Janadriyah, diselenggarakan setahun sekali dalam rangka pertunjukan seni dan kebudayaan seluruh negara di Jazirah Arab. Adapun Indonesia, kali ini merupakan negara yang ditunjuk sebagai tamu kehormatan untuk menampilkan kekayaan budayanya.

Dalam Festival Janadriyah tahun ini beberapa kebudayaan Indonesia ditampilkan, mulai dari Tari Samman, Ronggeng, Silat Betawi, Reog Ponorogo, sampai kebudayaan khas daerah Banyuwangi, Jawa Timur –yang dikirim oleh beberapa kementerian, seperti Kemenpora, Kemendikbud dan Pariwisata.

 

Sementara itu, Pagar Nusa diberangkatkan oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) untuk menampilkan seni bela diri silatnya.

Genap ke tahun ini, tepatnya 03 Januari 2019, Pagar Nusa memasuki usia yang ke-33 tahun. Badan Otonom (Banom) NU yang khusus membidangi seni bela diri ala Nusantara dan keatletan pencak silat ini, didirikan pada 03 Januari 1986 oleh KH Abdullah Maksum Jauhari dan para kiai serta para pendekar NU lainnya. Dengan demikian, di usianya yang ke-33, Pagar Nusa dapat menampilkan pencak silat warisan para ulama di Jazirah Arab. Sekaligus pula dapat merayakan ulang tahunnya di sana.

Salam Pagar Nusa.
Laa Ghaliba Ilaa Billah. (MAR)

 

Editor : Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top