Kabar

Beredar Suara Rekaman Hoax akan Meletusnya Gunung Anak Krakatau

Padasuka.id. Dalam suasana musibah akibat bencana alam terjadi di beberapa wilayah, selalu ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menyebarkan informasi sesat. Entah apa maksudnya, yang pasti, dalam kondisi masyarakat yang masih trauma, jika mendengar info akan terjadi bencana alam, tentu akan menimbulkan kecemasan, bahkan ketakutan. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang disebut, atau yang baru saja mengalami bencana. Terkait dengan hal ini, beredar rekaman suara di media sosial yang menyatakan, Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda akan meletus dan akan terjadi gempa. Rekaman suara tersebut menjadi ramai diperbincangkan, setidaknya, sejak Rabu (2/1/2019).

Di dalam rekaman itu, terdengar seorang pria yang mengaku bernama Andre, ia mengatakan, dirinya mendapat informasi soal potensi letusan Gunung Anak Krakatau dari Sekda Provinsi –tidak menyebutkan nama provinsinya.

Kondisi Gunung Anak Krakatau pada 26/12/2018. (Foto: Istimewa)

Suara dalam rekaman itu berbunyi: “Ini Andre, aku baru dapat kabar dari Sekda Provinsi. Beliau dapat data resmi dari BMKG yang memperkirakan Gunung Krakatau akan ada letusan yang mengakibatkan gempa dalam waktu dekat. Belum tahu apakah hari ini atau beberapa hari ini atau beberapa minggu ke depan.”

Pria itu juga mengatakan: “Besarnya gempa itu di atas 8 SR. Yang perlu diingat bahwa gempa di Liwa (Lampung, red.) dulu itu 6,5. Nah, yang ini di atas 8. Artinya, keluarga-keluarga kita yang ada di dekat sekitar pantai mohon diingatkan.”

Menanggapi informasi tersebut, pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemudian memberikan penjelasan. Menurut pihak BMKG, beredarnya informasi mengenai potensi letusan Gunung Anak Krakatau tersebut adalah berita bohong (hoax).

“Dipastikan rekaman audio pendek sekitar 1 menit 34 detik yang memberitahukan bahwa menurut BMKG akan terjadi letusan Gunung Anak Krakatau yang menghasilkan gempa dengan skala 8 SR di wilayah Lampung dalam waktu dekat adalah hoax,” papar Kabag Humas BMKG Taufan Maulana kepada awak media. (SM)

 

Editor : Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top