Kabar

Dari Gunung Anak Krakatau Sampai Gamalama, Hari Ini Terjadi Erupsi

Padasuka.id. Menurut keterangan tertulis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), siang ini, Kamis (3/1/2019) pukul 12 : 03 WIB, Gunung Anak Krakatau kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.600 meter di atas puncak (± 1.710 meter di atas permukaan laut).

Dijelaskan pula, kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 31 mm dan durasi ± 1 menit 10 detik. Akibat erupsi ini tidak terdengar suara dentuman. Namun demikian ditegaskan, saat ini Gunung Anak Krakatau yang terletak di selat Sunda tersebut, berada pada Status Level III (Siaga). Itu artinya, masyarakat seperti nelayan atau wisatawan tidak diperbolehkan untuk mendekati kawah dalam radius 5 kilo meter.

Kondisi siang ini di Selat Sunda (Foto: PVMBG)

Berikut ini keterangan PVMBG melalui akun Twitter-nya, “Telah terjadi erupsi G. Anak Krakatau, Lampung pada tanggal 03 Januari 2019 pukul 12:03 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.600 m di atas puncak (± 1.710 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 31 mm dan durasi ± 1 menit 10 detik. Tidak terdengar suara dentuman Saat ini G. Anak Krakatau berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi: Masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 km dari kawah.”

Kondisi Gunung Anak Krakatau pada 23/12/2018. Foto: SS dari video @Sutopo_PN

Semoga informasi ini menjadi perhatian bagi para pembaca sekalian demi keselamatan bersama. Selain Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda (perairan Lampung), diinformasikan pula, hari ini (3/1/2018) sejumlah gunung berapi juga mengalami erupsi, antara lain: Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Gunung Agung di Bali, Gunung Merapi di Jawa Tengah, Gunung Dukono dan Gunung Ibu di Halmahera serta Gunung Gamalama di Maluku Utara. (AF)

 

Editor : Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top