Kabar

Giat Shalawat Majelis Munajat Blitar; Diselingi Puisi Pitutur. Seperti Apa?

Padasuka.id – Jawa Timur. Minggu malam (10/2/2019) Majelis Munajat Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA) Blitar, Jawa Timur mementaskan kebolehannya dalam bershalawat dan bermusik. Seperti telah diulas pada beberapa edisi yang lalu, selain kegiatan Munajat berjamaah, PADASUKA Blitar yang digawangi oleh Dino Amir Baskoro, juga memiliki kelompok musik pengiring shalawatan. Dibentuknya kelompok musik ini, papar Mas Dino, sapaan akrabnya, adalah untuk menyalurkan bakat para jamaah di bidang seni musik dan tarik suara, serta untuk memberikan pertunjukan bernuansa religi di daerahnya. Yang dengan demikian, kelompok musik ini juga sebagai sarana dakwah.

Dino Amir Baskoro

Adapun pentas shalawat yang baru saja digelar, adalah untuk mengisi acara resepsi pernikahan di Desa Balerejo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Dalam pentas kali ini, selain diisi shalawatan juga diselingi pembacaan beberapa puisi karya Mas Dino. Di mana, puisi-puisi tersebut berisi pitutur yang sebagiannya ditulis dengan bahasa Jawa, dan sebagian yang lain menggunakan bahasa Indonesia.

Sementara untuk kegiatan rutinan pembacaan Kitab Munajat berjamaah, di wilayah ini dilaksnakan setiap hari Jum’at. Dan, setiap satu bulan sekali dilaksanakan dari rumah ke rumah warga.

“Kalau Munjat di sini, alhamdulillah tetap istikomah setiap hari Jum’at, tidak pernah ada kata libur. Setiap bulannya kita keliling ke rumah warga. Dan, ada juga yang punya hajat, manggil jamaah untuk bermunajat,” papar Arik Utami, istri Mas Dino, yang juga penggiat Majelis Munajat

Terkait dengan fadhilah Munajat, lanjut Mbak Utami, sapaan akrabnya, sangat banyak dirasakan manfaatnya oleh jamaah dan masyarakat, termasuk pula banyak yang sembuh dari penyakit.

“Kalau yang sakit-sakit biasa, itu banyak yang oleh Allah SWT diberi kesembuhan, nggak bisa disebutkan satu-satu. Dan, ada juga dua orang yang sakit kronis, sembuh berkah Munajat. Alhamdulillah,” papar Mbak Utami sambil berucap syukur. (SM)

 

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top