Kabar

VIRAL! Video Pemuda Bergamis dan Bermotor Robohkan APK Pasangan Capres-Cawapres

Padasuka.id,- Sejak kemarin, Minggu (10/3/2019) jagad maya diramaikan oleh beredarnya video yang menampilkan rekaman pemuda yang ketahuan sedang mencabut dan merobohkan Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden (Capres – Cawapres) nomor urut 01, yakni: Ir H Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin. Selain diunggah ke YouTube, video tersebut juga beredar melalui jaringan WhatsApp.

Akun Bolo nDeso mengunggah video tersebut pada 10 Maret 2019 dengan judul, “APK Jokowi Dicabut) 1 Pelaku Mengaku Staf Bawaslu.”

Seorang lelaki bergamis sedang mencabut APK Paslon 01

Video berdurasi 01.16 detik itu direkam dari dalam mobil yang sedang melintas. Dalam rekaman itu terlihat sejumlah APK paslon 01 yang berjejer di pinggir jalan dicabut dan dirobohkan. Terdengar suara dalam rekaman, “Video.. DA-nya.. DA-nya.. DA-nya, foto..” Di balik suara ini terlihat seorang lelaki sedang menuntun sepeda motornya sambil meminggirkan APK yang sebelumnya telah dicabut dan dirobohkan. Sementara di bagian depan, terekam gambar seorang lelaki mengendarai sepeda motor menyertai temannya yang sedang mencabut dan merobohkan APK paslon 01. Lalu, seseorang yang merekam peristiwa itu dari dalam mobil mengejar dan melarangnya.

“Biar aja.. biar aja.. Jangan.. Hei.. Biar aja..” Demikian suara perintah dari dalam mobil sambil membunyikan klakson, agar lelaki bergamis, berjaket, dan berhelm yang sedang mencabut dan merobohkan APK itu tidak melanjutkan aksinya. Mendengar ada orang yang melarangnya, lelaki itu pun menghentikan aksinya lalu mengejar temannya yang menunggu di atas sepeda motor kemudian melaju meninggalkan tempat.

Tampak sejumlah APK Paslon 01 yang dirobohkan dan seorang lelaki bermotor yang meminggirkannya

Sedangkan seorang lelaki yang menuntun sepeda motor yang sebelumnya meminggirkan APK yang telah dirobohkan, sampai di samping mobil seseorang yang melarang dan merekamnya. Di sini kemudian terjadi dialog. Ketika dikatakan perbuatan mereka akan disampaikan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), lelaki penuntun sepeda motor itu mengatakan, “Saya staf Bawaslu, Pak.” Ditanya apa ada kartu identitas dari Bawaslu, dia mengatakan, “Ada.” Namun ketika diminta untuk menunjukkan kartu identitasnya, dia mengaku ketinggalan.

Lelaki yang mengaku Staf Bawaslu sedang membuka HP-nya

Kemudian lelaki yang mengaku staf Bawaslu itu mengeluarkan HP-nya. “Ini instruksi, Pak.. Ini instruksi, Pak,” sambil menunjukkan HP layar sentuhnya. Namun, apa tulisan di HP itu tidak terlihat. Lelaki yang merekamnya tetap minta identitas lalu mengatakan, “Jangan memancing.. Jangan memancing…” Untuk kemudian dia meminta lelaki yang mengaku staf Bawaslu itu minggir, dan dia pun menjawab, “Oke, Pak. Siap.” Sampai pada batas ini, rekaman video habis, sehingga tidak diketahui apa yang terjadi setelah itu.

Mengenai peristiwa dalam video itu persisnya terjadi di daerah mana dan kapan, sampai berita ini disusun, belum diperoleh keterangan lebih lanjut. Hanya saja, jika dilihat dari plat nomor sepeda motornya, DA, adalah nomor kendaraan bermotor daerah Kalimantan Selatan. (AF)

 

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top