Kabar

Harmonisasi dengan Alam di Aliran Air ala Pesilat Muda Nahdlatul Ulama

Padasuka.id,- Di tengah gelap malam dengan lilin sebagai penerangan, sejumlah remaja putra duduk di tengah aliran air sambil berkonsentrasi memusatkan pikiran pada satu titik: Kemahabesaran Tuhan. Sambil bertelanjang dada, mereka harus melawan rasa dingin aliran air dan udara malam seusai turunnya hujan. Mereka terus berupaya melatih konsentrasinya sampai batas waktu yang ditentukan. Demikian salah satu rangkaian kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) tingkat ke-3 para pesilat Peguron Sapujagad Cabang Bogor, Jawa Barat, Senin dini hari (8/4/2019).

Setelah sejumlah pesilat muda itu duduk di aliran air, mereka lalu dikomando untuk melakukan berbagai hal yang menjadi persyaratan. Kemudian, Guru Besar Peguron Sapujagad, Gus Yusuf Cokro, memberikan arahan. Antara lain disampaikan, hal itu dilakukan agar para pesilat yang akan disahkan menjadi warga (keluarga besar) Pagar Nusa, harus memiliki kepekaan batin di samping keterampilan ilmu bela diri yang telah diajarkan melalui jenjang tingkatan. Dengan berendam di air mengalir sesuai tata cara dan kondisi tertentu, diharapkan mereka dapat berharmonisasi dengan alam semesta serta memusatkan keyakinan atas Kemahabesaran Allah SWT. Dari harmonisasi ini, tuturnya, akan membangkitkan kepekaan serta kekuatan batin.

Sejumlah pendamping sebelum meninggalkan lokasi ritual tapa rendam

Selanjutnya, dalam kondisi duduk berkonsentrasi mereka ditinggalkan oleh para pelatih yang sebelumnya mendampingi. Yang mana, ketika nanti tiba waktu yang telah ditentukan mereka akan dijemput kembali.

Ritus yang disebut tapa rendam (kumkum) tersebut dilaksanakan di aliran sungai yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi padepokan mereka, dimulai dari pukul 01.30 — 04.00 WIB, jelang subuh.

Pelaksanaan UKT perguruan yang bernaung di bawah Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa ini, dipusatkan di Padepokan Sapujagad, Jl Raya KSU, Tirtajaya, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, dari hari Minggu – Senin (7–8/4/2019).

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top