Kabar

Saat Umrah Presiden Jokowi Berkesempatan Memasuki Ka’bah

Padasuka.id,- Senin pagi waktu Arab Saudi (15 April 2019) Presiden RI, Ir H Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana, mendapat kehormatan memasuki Baitullah (Ka’bah) saat menunaikan ibadah umrah di Masjidil Haram, Mekah Al-Mukarramah. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga didampingi oleh dua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Setelah memasuki bangunan tertua di dunia tersebut, Jokowi dan rombongan kemudian melanjutkan ibadah dengan berthawaf dan shalat Shubuh berjamaah di depan Multazam.

Menurut keterangan dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, setelah shalat Shubuh berjamaah, Kepala Negara dan rombongan kemudian menunaikan ibadah Sa’i.

Dalam keterangan tertulisnya, Bey Machmudin memaparkan, “Kemudian mengakhiri ibadah umrah, Presiden dan rombongan melakukan tahallul pada pukul 06.37 pagi waktu setempat.

Dalam foto-foto dan video dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, terlihat Jokowi saat memasuki dan keluar dari Baitullah, saat melaksanakan thawaf, serta saat mencium Hajar Aswad. Terdapat pula foto bersama seusai melaksanakan rangkaian ibadah umrah.

Sebelumnya diberitakan, Minggu (14/4) Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Istana Putera Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Muhammed bin Salman, di Kota Riyadh. Selanjutnya setelah jamuan makan siang, pada sore harinya Presiden Jokowi menggelar pertemuan dengan Raja Salman di istana pribadinya, Al-Qasr Al-Khas.

Dalam pertemuan tersebut turut serta mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi), Kepala Staf Kepresidenan (Moeldoko), dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi (Agus Maftuh Abegebriel).

Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan tersebut.

Retno juga menjelaskan, dalam pertemuan bilateral itu memperlihatkan apresiasi Raja Salman terhadap Indonesia atas kepemimpinan di dunia Islam.

Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia,” tutur Retno. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top