Kabar

Gemakan Wirid & Doa Al-Qur’an; Ngabuburit Ala Santri Ummul Qura

Padasuka.id – Tangsel. Beragam cara dilakukan kaum muslimin dalam mengisi waktu sambil menanti tibanya beduk Maghrib di bulan suci Ramadhan yang umum disebut ngabuburit. Ya, menunggu saat-saat indah berbuka puasa. Di antara mereka ada yang bersepeda santai, ada yang duduk bercengkrama di taman, dan lain sebagainya. Sebaik-baik cara tentu yang bernilai ibadah dan bermanfaat serta jauh dari kemungkinan berbuat maksiat, semisal sima’an Al-Qur’an, dzikir berjamaah, dan semisalnya.

Rabu sore (8/5/2019) santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Ummul Qura, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, secara berjamaah membaca Kitab Munajat. Yakni kitab yang berisi kumpulan wirid dan doa-doa Al-Qur’an, susunan dari pengasuh pesantren ini, KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA. Kegiatan ini mereka mulai dari pukul 17.00 WIB hingga beberapa saat menjelang adzan Maghrib. Bertempat di lantai dasar aula pesantren, terlihat khusyu’ dan kompak mereka menggemakan doa-doa para Nabi yang diabadikan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur’an tersebut.

Ya, namanya santri, nunggu Maghrib biasanya diisi dengan baca Al-Qur’an, ada juga yang ngafalin nazhaman, dan lain-lain-lain. Tapi sore ini agak beda, kami baca Kitab Munajat berjamaah. Karena hari ini, kami para santri Ummul Qura, sekaligus juga mendoakan hari lahir Ummi Uswatun Hasanah, istri dari pengasuh kami, Abi Kiai Syarif Rahmat. Tapi, ini tidak semua santri terlibat, karena santri yang kelas tiga Aliyah sedang melaksanakan tugas pengabdian santri di beberapa daerah; ada yang di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten,” tutur Ustadz Agus Arif Adha, salah seorang pengurus di pesantren ini.

Ngabuburit ala santri Ummul Qura kali ini adalah satu hal yang sangat mulia. Selain mengamalkan doa-doa para Nabi, mereka juga mendoakan ibu nyainya. Satu hal yang layak diikuti dalam mengisi waktu di bulan suci. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top