Kabar

Inilah Cara Mendapatkan Solusi dengan Kitab Suci Al-Qur’an

Padasuka.id – Jawa Barat. Bulan Ramadhan disebut pula dengan Bulan Al-Qur’an, karena di bulan suci ini Al-Qur’an diturunkan. Sebagai kitab suci yang merupakan firman Allah SWT, Al-Qur’an bisa menjadi ‘makhraj’ atau solusi dari berbagai persoalan, termasuk pula soal kegaduhan (fitnah) yang menimpa suatu negeri. Demikian salah satu uraian KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA, saat mengisi kajian selepas shalat Dhuhur di Masjid Darus Salam, Rest Area Jalan Tol Jakarta – Cikampek KM-19, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Rabu siang (8/5/2019).

Saat membuka kajian, dosen di Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta tersebut, membaca sebuah Hadits bersumber dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib yang menerangkan tentang keutamaan Al-Qur’an sebagai solusi. Disampaikan, pada suatu ketika Rasulullah Muhammad SAW bersabda, bahwa kelak akan muncul kegaduhan (fitnah). Lalu sahabat bertanya mengenai solusinya. Rasulullah SAW menjawab, Kitabullah (Al-Qur’an).

Berkenaan dengan solusi yang dimaksud kerena di dalam Al-Qur’an memuat berita masa lalu, yang sedang dihadapi, yang akan datang, hukum, dan sebagainya. Yang mana, sejatinya semua itu adalah pelajaran yang dapat diambil hikmahnya, baik secara tersurat ataupun tersirat. Dan, dari sinilah kemudian solusi itu dapat dipetik untuk menyelesaikan suatu persoalan.

Di luar hal yang tersurat, kiai yang akrab disapa Kanjeng Sunan ini juga memberikan contoh yang tersirat terkait dengan persoalan kekinian. Sebab pada dasarnya, kisah masa lalu yang tertera di dalam Al-Qur’an dapat memberi “petunjuk” atas satu peristiwa yang terjadi pada hari ini. Entah itu persoalan yang menyangkut perorangan atau urusan besar yang berkaitan dengan kenegaraan. Walau tentu saja, yang dapat mengambil pelajaran dari persoalan serupa ini adalah orang-orang tertentu yang memang terbiasa “bergaul” dengan Al-Qur’an.

Dalam pada ini, Kanjeng Sunan berpesan, agar kita senantiasa hidup bersama Al-Qur’an. Dipesankan pula, jika kita sedang menghadapi persoalan, lakukanlah shalat dua rakaat lalu bacalah Al-Qur’an seraya memohon agar diberikan petunjuk oleh Allah SWT untuk mendapatkan solusinya.

Di ujung kajian, Kanjeng Sunan juga mengumumkan, bahwa di masjid ini pada malam 25 Ramadhan 1440 H nanti (29 Mei 2019 malam), selepas shalat Tarawih akan digelar “Haflah Al-Qur’an” bersama qari’ nasional dan internasional. Ia mengajak para jamaah agar meramaikan acara tersebut untuk menghidupkan Bulan Al-Qur’an dengan Haflah Al-Qur’an.(SM)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top