Kabar

Mengenal Kitab Munajat Terbitan 16 Tahun Silam

Padasuka.id,- Kitab Munajat yang berisi kumpulan wirid dan doa-doa Al-Qur’an kini sudah tersebar luas ke mana-mana. Selain di dalam negeri, di luar negeri pun juga tersebar. Begitu pula majelis-majelis yang mengamalkannya secara berjamaah jumlahnya semakin bertambah. Berikut ini, Padasuka.id akan menampilkan kitab susunan KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA tersebut yang diterbitkan pada belasan tahun silam.

Dalam hal ini, Padasuka.id mendapati dua Kitab Munajat terbitan lawas dengan ukuran yang sama, yakni: 9X10 cm. Isi dalam serta tahun terbitnya juga sama, yang berbeda hanya pada warna dan desain covernya saja.

Yang satu, pada sampul muka (cover) menampilkan suasana senja. Bagian atas berwarna jingga dengan bagian bawah berwarna hitam. Di antara keduanya terdapat siluet gambar menara atau mungkin juga mercusuar. Tertera kata “Munajat” dalam aksara Arab dan Latin. Pada aksara Arab berwarna putih berefek tepi hitam, sementara pada aksara Latin berwarna kuning bergaris tepi putih –lihat gambar.

Sedangkan yang satunya lagi, pada sampul muka dominan warna ungu agak kebiru-biruan. Pada bagian tengah terdapat gambar Ka’bah. Tertera pula kata “Munajat” dalam aksara Arab berwarna kuning emas dengan efek embos, serta kata “Munajat” dalam aksara Latin berwarna kuning dengan efek yang sama –lihat gambar.

Halaman dalam: iv (akhir kata pengantar yang tertera Ramadhan 1424) dan halaman v (Tanbih)

Lantas kapan kedua kitab itu diterbitkan? Sebagaimana tertera di bawah kata pengantar penyusunnya, tertera kalimat, “Ummul Qura, Ramadhan 1424 H.” Nah, jika angka tahun ini adalah waktu penerbitannya –karena tidak ada box redaksi yang menunjukkan tahun penerbitan– jika dikomperasi pada kalender Masehi bertepatan dengan tahun 2003.

Isi dalam: halaman 1 (Surat Al-Fatihah dan terjemahannya)

Namun demikian, karena tidak tercantum tanggal Ramadhannya, maka belum dapat dipastikan bulan apa dalam kalender Masehinya. Sebab, bulan Ramadhan pada 2003 M, berada di antara bulan Oktober dan November. Yakni, tanggal 1 Ramadhan1424 H sesuai sidang itsbat saat itu (25 Oktober malam) seperti dilansir Liputan6.com (26/10/2003), jatuh pada 27 Oktober 2003 M.

Kitab Munajat terbitan baru dan terbitan 16 tahun lalu

Terlepas dari nama bulan Masehinya, mengacu pada angka tahun yang tertera, baik Hijriyah atau Masehi, sampai ke tahun 1440 H atau 2019 M, Kitab Munajat tersebut sudah berusia 16 tahun. Terlebih lagi dalam hitungan kalender Hijriyahnya: Ramadhan 1424 — Ramadhan 1440 H.

Demikian sekilas ulasan tentang dua terbitan Kitab Munajat terbitan lawas. Semoga bermanfaat. (SM)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top