Kabar

Menakjubkan! Anak Penjual Mainan Raih Nilai 100 untuk 4 Mapel UN

Padasuka.id,- Kesuksesan seseorang tidak ditentukan karena dia anak siapa, miskin ataupun kaya. Melainkan, karena kesungguhan dan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa. Hal ini, antara lain dicapai oleh seorang siswa, anak penjual mainan, di Surakarta, Jawa Tengah, dalam Ujian Nasional (UN) tahun ini. Dia adalah Ananda Hafidh Rifai, siswa SMAN 4 Surakarta yang berhasil meraih nilai 100 untuk empat mata pelajaran (Mapel) UN.

SMAN 4 Surakarta (Istimewa)

Melansir dari Antara, sebelumnya Hafidh tidak menyangka akan meraih nilai sesempurna itu. Malahan menurutnya, ada soal-soal yang ia ragu-ragu dalam mengisi atau menjawabnya.

Sebetulnya ada soal-soal yang ragu jawabnya, terutama yang Bahasa Indonesia. Terkejut, ternyata dapat nilai 100,” ungkap Hafidh kepada Antara di Solo, Selasa (4/5/2019).

Hafidh menerangkan, perolehan nilai 100 itu pada mata pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Terangnya lagi, ia tidak ada target untuk meraih nilai sesempurna itu. Siswa kelas XII A6 ini, sebelumnya bahkan memprediksi akan memperoleh nilai dalam kisaran 80-an.

Akan keberhasilannya meraih nilai yang menakjubkan itu, Hafidh yang berasal dari Wirogunan, RT 02, RW 03, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo ini tidak memiliki cara khusus dalam belajar.

Ananda Hafidh Rifai (Foto: Tribun Solo)

Saya hanya memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal UN. Waktu belajarnya biasa, kalau ada waktu longgar baru digunakan untuk belajar,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Hafidh juga mengaku tidak mengikuti les atau bimbingan belajar, layaknya mereka yang hidup berkecukupan. Sebab, anak pertama dari empat bersaudara ini memiliki keterbatasan dalam biaya.

Ayahnya, Ahmad Kusnanto telah meninggal dunia saat Hafidh masih duduk di bangku kelas tiga SMP. Sedangkan ibunya, Supadmi, hanyalah seorang penjual mainan di depan SD di kawasan Kartasura.

Selama ini ibu yang membiayai sekolah saya dan adik-adik. Pak De juga membantu,” tutur Hafidh mengisahkan biaya sekolahnya.

Meskipun ia anak yatim dan ibunya hanya bekerja sebagai penjual mainan, atas ketekunannya, keberuntungan kini menghampirinya. Untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi, saat ini ia sudah dinyatakan lolos pada seleksi mahasiswa baru di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, melalui jalur undangan bagi siswa berprestasi atau SNMPTN.

Saya juga ikut program bidikmisi. Harapannya ke depan bisa membantu ibu mengangkat derajat keluarga,” tutur Hafidh santun.

Demikian, satu kisah inspiratif terkait dengan Ujian Nasional yang diraih secara sempurna oleh Ananda Hafidh Rifai.

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top