Kabar

VIRAL.!! Video Menteri Susi Saat Menggendong Ibunya

Padasuka.id,- Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja (2014-2019), Susi Pudjiastuti, selalu menjadi sorotan publik. Penampilannya yang terbilang nyentrik dengan nada bicara yang ceplas-ceplos menjadi salah satu ciri khas dari menteri yang telah menenggelamkan ratusan kapal pencuri ikan tersebut.

Di balik penampilannya yang mungkin dipandang ‘berbeda’ dengan umumnya para pejabat publik lainnya, Menteri Susi juga dikenal sebagai sosok yang humanis. Tidak hanya dikenal tegas, ia pun sering turun langsung ke kampung-kampung nelayan hingga mengetahui secara langsung apa yang terjadi di lapangan, bukan hanya sekedar informasi dari bawahan.

Baru-baru ini, di akun percakapan WhatsApp beredar unduhan video Menteri Susi sedang menggendong seorang ibu sepuh lalu dinaikkan ke helikopter miliknya. Kemudian ibu sepuh itu dibawa terbang mengitari udara.

Susi saat mencelupkan biskuit untuk kemudian di siapkan pada ibunya

Di dalam rekaman video tersebut, Susi yang berpakaian apa adanya sedang duduk santai di depan sebuah rumah bersama seorang ibu sepuh yang juga berpakaian sederhana. Tampak Susi mengambil biskuit dari tempatnya, dicelup-celupkan ke air di gelas, lalu disuapkan ke ibu sepuh itu, sambil berbincang santai dalam bahasa daerah.

Ibu mau mencoba helikopter baru yang berada di pinggir laut,” tanya Susi pada ibu itu yang dijawab anggukan sambil mengunyah biskuit.

Berikutnya, Susi lalu memanggil seseorang bernama Ajeng agar mengganti pakaian si ibu.

Dandani… Moko ibu enteni neng pinggir laut, ngono ya: Dandani… Nanti ibu tunggu di pinggir, gitu ya,” perintah Susi pada seseorang.

 

Lalu terjadi dialog lagi antara Susi dengan ibu itu:

Susi supiri helikoptere…
Beneer…?” Tanya si ibu.
Bener… Kan Susi, kan belajar teng Florida.. Dua puluh lima jam mpun (sudah) nerbangke pesawat.. Jadi pinter,” Jawab Susi.

Setelah itu rekaman dalam video berganti gambar, ibu sepuh tadi sudah berganti pakaian yang rapi dan mengenakan kerudung warna putih. Dengan digandeng Susi dan dua orang wanita lainnya, ibu itu berjalan bersama di landasan pesawat di tepi pantai.

Saat Susi menggendong ibunya

Di tengah perjalanan, si ibu tampak kelelahan. Secara spontan Susi lalu menggendong ibu itu menuju posisi helikopter. Di atas punggung Susi, si ibu sambil berkata, “Ya Allah… Allahu Akbar…” Dengan santai Susi terus menggendongnya.

Sesampainya di sisi pesawat, tampak seorang lelaki bule mengenakan baju batik membukakan pintu pesawat. Susi lalu menaikkan si ibu ke atas pesawat dengan dibantu yang lainnya.

Selanjutnya, rekaman dalam video berganti gambar Susi sedang menerbangkan pesawat tersebut mengitari udara dengan pemandangan laut di bagian bawahnya.

Lantas, kapan video ini dibuat dan siapa ibu sepuh yang digendong oleh Menteri Susi tersebut? Menilik dari ‘template’ atau keterangan tulis di bagian tengah video tercantum kalimat, “Zero to Hero 2011.” Jadi, peristiwa ini adalah rekaman pada tahun 2011.

Saat menaikkannya ke atas helikopter

Sedangkan, siapa ibu sepuh yang digendong oleh Susi? Ternyata foto tentang hal ini sudah pernah beredar di blog media sosial (medsos) milik Susi pada 2014 lalu. Yang mana, pada tahun itu, Susi Pudjiastuti sudah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Sehingga, beredarnya foto Menteri Susi menggendong ibu sepuh itu, sempat dianggap sebagai pencitraan oleh sebagian netizen.

Mengenai siapa ibu sepuh itu, kepada Kompas.com (1/11/2014) Susi mengatakan bahwa ia adalah almarhum ibu kandungnya, Suwuh Lasminah. Susi mengatkan, dirinya sengaja memasang foto tersebut di blog-nya karena selalu ingat akan almarhum sang ibu yang meninggal dunia saat berumur 95 tahun pada 2013 lalu.

Iya, yang di medsos itu foto saya dan ibu,” terang Susi kepada Kompas.com, Sabtu (1/11/2014).

Setelah Padasuka.id mencoba menelusuri di akun YouTube, ditemukanlah video lengkpanya. Yakni, di kanal Edy Pras yang diunggah ke YouTube pada 29 Oktober 2014 lalu, dengan judul, “Zero to Hero Susi Pudjiastuti.”

Melihat secara utuh di kanal Edy Pras, video tersebut adalah sebuah dokumenter tentang kehidupan Susi mulai dari ia masih sekolah, keluarga, dan perjalanan kariernya sebagai pengusaha perikanan yang melalui berbagai rintangan hingga kemudian ia mengangguk sukses. Karena dokumenter itu dibuat pada 2011, maka tidak ada bahasan Susi yang hanya tamat SMP itu bisa menduduki jabatan menteri di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (2014 – 2019).

Dengan demikian, unduhan video yang baru-baru ini viral di WhatsApp hanyalah potongannya saja.

Foto-foto: Tangkapan layar dari video yang beredar

Dari semua uraian ini, tentu banyak hikmah yang dapat dipetik terutama tentang memuliakan seorang ibu. Susi yang saat itu sudah menjadi pengusaha sukses, tetap mau menggendong sang ibu demi untuk memuliakan dan membahagiakannya. Padahal, saat itu bisa saja dia menggunakan alat bantu semisal kursi roda atau meminta para pegawainya untuk menggendong sang ibu. Namun, semua itu tidak dilakukan olehnya. Melihat sang ibu kelelahan, tanpa pikir panjang, dengan spontan ia langsung menggendongnya. (SM)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top