Kabar

Waw! Indahnya Danau Toba dari PDS. Lengkapi Liburan Lebaran Anda

Padasuka.id,- Bagi sebagian masyarakat, libur lebaran tahun ini masih tersisa. Apalagi bagi mereka yang memang sengaja mudik bebas. Nah, jika anda sedang di Medan dan sekitarnya, jangan lewatkan indahnya Danau Toba. Abadikan moment indahnya liburan anda dengan keindahan danau vulkanik yang merupakan keajaiban alam di bumi Sumatera Utara tersebut.

Ingin lebih berkesan lagi? Lihatlah keindahan Danau Toba dari wahana wisata Panatapan Dolok Sipintuangin (PDS). Waw…!!! Biru air danau dan bentangan Pulau Samusir terlihat begitu menawan. Di wahana wisata ini pula, tersedia arena permainan ekstrem dan spot-spot foto yang luar biasa.

Lokasi PDS dari tangkapan layar google

PDS terletak di jalur Jl Simarjarunjung, Parik Sabungan, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, tepat di areal perbukitan Kampung Sipintuangin.

Untuk mencapai area PDS, dari Bandara Kualanamo, dengan melalalui jalur daerah Siantar, dapat ditempuh sekitar 4 jam menggunakan kendaraan roda empat. Namun, jika melalui jalur daerah Silangit lewat Parapat hanya sekitar 2 jam. Apabila mengambil rute dari Siantar, menuju pelabuhan Fery Tigaras, ada simpang empat, belok ke kiri; kurang lebih 100 meter sudah terlihat plang atau papan PDS.

Tekait dengan Danau Toba, hamparan “laut berair tawar” ini bukan hanya menyuguhkan keindahan melainkan juga keunikan. Danau yang terletak di pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara tersebut memiliki total luas 1.145 kilo meter persegi. Mengenai luasnya, malah ada yang menyebutkan lebih luas dari Singapura yang memiliki luas 716 kilo meter persegi. Dalam beberapa situs disebutkan, Danau Toba juga menjadi danau terluas di dunia yang terbentuk dari erupsi gunung berapi, serta masuk dalam daftar Guinness World Records.

Kembali pada PDS, dari wahana wisata yang berada atas perbukitan ini, anda akan melihat indah birunya air danau, julangan gunung, hilir mudik kapal dari Pulau Samusir menuju Pelabuhan Tigaras di Simalungun, dan jika beruntung, anda akan dapat menyaksikan syahdunya matahari menuruni tebing langit yang memerah saga menuju peraduannya.

Kecuali hal tersebut di atas, bagi anda yang hobi permainan ekstrem, di arena ini juga tersedia wahananya, semisal: flaying fox (terbang/meluncur dengan sling baja), sky bike (sepeda gantung), sky swing (ayunan ekstrem), highropes (jembatan tali temali), dan lain-lain. Yang kesemuanya didampingi oleh tenaga ahli. Untuk spot foto dengan pemandangan lepas ke danau, bisa perorangan dan keluarga. Dalam hal ini, pihak PDS menyediakan fotografer handal untuk mengabadikannya. Dan yang tak kalah pentingnya, tersedia arena parkir yang luas, serta bagi yang muslim, juga tersedia mushalla dan fasilitas lainnya.

Berikut ini, beberapa foto arena permainan dan spot di PDS:

Salah satu spot foto dengan pandangan lepas ke danau Toba

Spot foto untuk keluarga

Flying Fox

Pemandangan di Danau Toba dari jarak dekat

Sky bike (sepeda gantung) ekstrem

Highropes (jembatan tali temali),

Tenda portibel

Spot foto khas Batak

Suasana senja dari PDS

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top