Kabar

Ziarah ke Makam Balok Sakti; Tokoh Islam Masa Lalu di Bali. Siapa Dia?

Padasuka.id – Bali. Meskipun Pulau Bali dikenal sebagai “Pulau Dewata” yang menunjukkan bahwa penduduk pulau ini mayoritas menganut agama Hindu, tetapi juga ditemukan sejumlah makam tokoh-tokoh Islam di masa lampau. Satu di antaranya adalah makam Balok Sakti yang terletak di daerah Kacicang, Kabupaten Karangasem, Bali.

Senin (8/7/2019), dalam perjalanan dakwahnya di pulau yang terkenal keindahannya ini, Ketua Umum Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA), KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA, bersama rombongan menyempatkan berziarah di makam Balok Sakti.

Kontributor Padasuka.id, Amir Maulana yang menyertai rombongan, serta H Machali, salah seorang anggota rombongan, melaporkan kegiatan di daerah yang dikatakan sebagai “Kampung Islam” terbesar di Pulau Bali tersebut.

Dari informasi yang diperoleh, sang empunya makam yang sedang diziarahi adalah seorang tokoh Islam di masa lalu yang akrab disebut Balok Sakti. Namun belakangan, entah dari mana sumbernya, nama Balok Sakti dirubah menjadi Syaikh Abdurrahman.

Aslinya Balok Sakti yang dirubah jadi Syaikh Abdurrahman, ya gak jelas siapa yang memberi nama tersebut,” tulis Amir Maulana melalui sambungan WathsApp ke redaksi Padasuka.id, Senin siang (8/7/2019).

Keterangan tersebut diperkuat oleh penjelasan dari Ketua GP Ansor Karangasem, Hazli Hidafi, yang mengatakan bahwa Balok Sakti adalah seorang pendakwah di masa lalu.

Di Karangasem ini ada seorang tokoh bernama Balok Sakti. Diberi gelar tersebut, karena beliau memiliki kesaktian yang luar biasa. Nah, ketika itu beliau berdakwah di… (daerah) namanya Toh Pati. Di sana beliau setiap waktu shalat, beliau mengumandangkan adzan, terdengarlah oleh raja,” ungkap Hazli.

Bagian depan dari kiri: KHR Syarif Rahmat, KH Syueb Zen (Ketua PCNU Karangasem), dan Hazli Hidafi (pegang mik)

Pada satu saat sang raja sedang menderita sakit, dan ketika mendengar suara adzan kemudian ia sembuh. Atas kesembuhan sang raja, Balok Sakti lalu dihadiahi tanah seluas daerah Kecincang.

Untuk sementara, belum ada penjelasan yang detail tentang siapa tokoh yang bergelar Balok Sakti tersebut serta hidup di abad ke berapa atau saat Bali diperintah oleh raja siapa. Namun yang pasti, masyarakat meyakini bahwa tokoh yang dimaksud adalah seorang pendakwah di masa silam. (*)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top