Kolom

Rekonsiliasi Ala Pedagang Sapi Qurban

 

Oleh Abdul Hakim Abu Bakar

Ini istilah rekonsiliasi menjadi viral dikalangan politisi dan pengamat serta masyarakat umum. Istilah rekonsiliasi kerap kali disampaikan setelah melakukan pesta demokrasi, baik dari pemilihan pemimpin daerah sampai pemilihan presiden. Menggaungkan istilah rekonsiliasi dalam rangka berusaha dan berupaya menciptakan kedamaian dan menurunkan tensi diantara anak bangsa, walau banyak tafsiran dari sejumlah kalangan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, rekonsiliasi dapat diartikan berapa macam.

1.Perbuatan memulihkan hubungan persahabatan pada keadaan semula dan perbuatan menyelesaikan perbedaan.

2. Penetapan pos-pos yang diperlukan untuk mencocokkan saldo masing-masing dari dua akun atau lebih yang mempunyai hubungan satu dengan lain.

3. Ikhtisar yang memuat rincian perbedaan antara dua akun atau lebih.

Saat ini sejumlah pedagang sapi dari berbagai daerah sedang berkontestasi menjajakan dagangannya dihalayak ramai. Mereka menggunakan berbagai macam cara untuk dapat pendukung, pemilih dan pembeli. Antara pedagang sapi bersaing tinggi diantara mereka, memasarkan hewan qurban dengan negosiasi di sosial media.

Kalau pada pemilihan presiden kemarin, yang membanjiri sosial media adalah gambar calon presiden dan wakil presiden diserta beberapa kalimat, maka saat ini yang membanjiri sosial media dan WA WA group adalah gambar hewan Qurban dan disertai beberapa kalimat juga.

Hebatnya pedagang hewan qurban, setelah selasai pesta dan kontestasi mereka melakukan rekonsiliasi. Rekonsiliasi dalam arti kembali lagi seperti semula, yang guru lanjut menjadi guru, yang ustadz lajut menjadi ustadz, yang kariawan lanjut menjadi kariawan bahkan yang menganggur lanjut jadi penganggur seperti penulis ini.

mereka duduk kembali dalam satu tempat, dalam satu komunitas walau sebelumnya sibuk menjajakan dagangannya.

selayaknya politikus, pengamat dan sejumlah petinggi di negri ini belajar kepada pedagang sapi. Sebab pedagang sapi bersaingnya hanya saat Idul Adha, selasai Idul Adha selasai juga bersaingnya. Seharusnya selasai Pemilihan Umum, maka selasai juga berseteru diantara sesama.

Hidup Pedagang Sapi Qurban, semoga dagangan kalian laris nan manis. Nanti habis sapinya jangan lupa syukuran dan bakar sate sama sama. inilah rekonsiliasi ala pedagang sapi.

Santri Kanjeng Sunan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padasuka adalah singkatan dari Padepokan Dakwan Sunan Kalijaga

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan dakwah yang menyinergikan antara sumber Al-Qur'an dan Hadits dengan pendekatan tradisional.

Copyright © 2017 Padasuka. All right reserved. Developed by Gizmologi

To Top