Kabar

Dalam Keterangan Berikutnya, PLN: Listrik Padam Akibat Gangguan Ini

Padasuka.id- Jakarta. Sepanjang hari Minggu (4/8/2019) dari siang hingga malam terjadi pemadaman listrik di Jakarta dan sekitarnya. Karuan saja, persoalan ini sangat mengganggu berbagai aktifitas masyarakat. Atas pemadaman yang terjadi sampai berjam-jam dan menyeluruh itu, PLN memohon maaf kepada masyarakat.

Sebelumnya, PLN menyebutkan, pemadaman terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 dalam posisi mati. Disebutkan pula, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip. Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman. Demikian pernyataan PLN melalui keterangan tertulis, Minggu siang (4/8).

I Made Suprateka (Foto: Istimewa)

Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan,” ungkap Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, dalam keterangan tersebut.

Namun demikian, dalam keterangan berikutnya yang diterima awak media, PLN mengungkapkan bahwa listrik padam terjadi akibat gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang (Jawa Tengah) 500 kV. Hal ini mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan. Dan, kegagalan transfer energi tersebut menyebabkan gangguan (trip) di seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa. Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di wilayah Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah, padam.

Terkait pemadaman listrik di wilayah lainnya, termasuk Jawa Barat, disebabkan karena gangguan transmisi Sutet 500 kV. Area yang terdampak listrik padam antara lain: Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor.

Atas gangguan tersebut, I Made Suprateka, menyatakan upaya penormalan terus dilakukan dan beberapa gardu sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan.

Kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal,” ungkap Made.

Melihat dari situs resminya, @pln_123, pada 9.16 PM (4/8) dijelaskan, “PLN Berhasil Menyalakan 19 GITET di Wilayah Jawa Barat, DKI dan Banten Jakarta, 4 Agustus 2019- Hingga pukul 21.00 wib, sudah ada 19 Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) yang sudah menyala proses.

Dari pantauan langsung Padasuka.id, di beberapa daerah di Jakarta Selatan hingga Gandul, Depok, Jawa Barat, Minggu (4/8) sekitar pukul 16.35 WIB, sebagian rumah warga sudah ada yang menyala dan sebagain yang lain masih padam.

Kemudian, pada hari ini, Senin (5/8) di wilayah yang sama, kembali terjadi pemadaman pada sekitar pukul 03.30 — 04-45 WIB. Setelah sempat menyala, pada pukul 05.50 WIB, listrik kembali padam. Sampai berita ini rampung disusun (06.11 WIB) kondisi listrik di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan masih padam. (AF)

Catatan Redaksi
Berita ini sebelumnya telah tayang pada: 5/8/2019

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top