Kabar

Listrik Padam Berjam-jam; Teknisi Genset Tak Kalah Gesit

Padasuka.id- Jakarta. Akibat gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang (Jawa Tengah) 500 kV yang membuat transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan hingga menyebabkan gangguan (trip) di seluruh pembangkit listrik PLN di sisi tengah dan barat Jawa, sejumlah wilayah DKI Jakarta, serta sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah, mengalami padaman listrik berjam-jam. Setidaknya, dari Minggu siang (4/8/2019) hingga malam, pemadaman listrik terjadi di beberapa wilayah tersebut. Hingga hari ini, Senin (5/8) sejak sekitar pukul 03.30 WIB, kembali terjadi pemadaman di beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Teknisi DTM sedang melakukan perbaikan

Pemadaman listrik yang sangat lama ini, membuat masyarakat sangat terganggu aktifitasnya. Mengingat, di era serba digital seperti saat sekarang ini, nyaris semua aktifitas bergantung pada listrik. Bukan hanya aktifitas yang berkaitan dengan penerangan atau lemari pendingin dan sejenisnya, dalam berkomunikasi melalui celluler pun juga terganggu. Belum lagi kalau dihitung dari sisi kerugian pada bisnis yang mengandalkan listrik sebagai penunjang utamanya. Atau, dari sisi bahaya pada dunia pengobatan modern yang diterapkan di rumah-rumah sakit. Ya, arus listrik kini seolah menjadi “nyawa” dari hampir semua aktifitas manusia modern. Oleh sebab itu, jika arus listrik suplai dari PLN terganggu, seperti saat ini, maka arus listrik alternatif dari generator genset harus segera tersedia. Jika tidak, selain kerugian juga bahaya mengintainya.

Terkait dengan kebutuhan genset di saat pemadaman panjang ini, sebuah perusahaan yang membidangi dunia genset, PT Daya Teknik Mandiri (DTM), kebanjiran telepon dari beberapa perusahaan yang membutuhkan jasa perbaikan genset dan sejenisnya.

Ali Chatab berpose di sisi generator genset

Kepada Padasuka.id, pemilik DTM, Ali Chatab, mengatakan, dalam melayani permintaan klien di saat yang bersamaan itu, ia mengerahkan hampir semua teknisinya. Mereka dibagi perkelompok kerja sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Karena para teknisinya sudah berpengalaman, tambahnya, maka beberapa trauble yang terjadi dengan cepat segera dapat diatasi. Ia menambahkan, ada pengerjaan perbaikan yang cepat, ada pula yang agak lama. Semua bergantung pada kondisi masing-masing. Namun semuanya, dapat teratasi dengan baik. Sebagai rasa tanggung jawab, imbuhnya lagi, ia pun turun ke lapangan langsung untuk memantau jalannya perbaikan.

Teknisi DTM sedang melakukan perbaikan

Kembali pada kondisi listrik PLN, dari pantauan Padasuka.id, sampai siang ini, pukul 11.00 WIB, di sebagian wilayah Jakarta Selatan, listrik masih ada yang padam. (AF)

Catatan Redaksi
Berita ini sebelumnya telah tayang pada: 5/8/2019

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top