Kabar

Atlet PSJ Tegal Meraih 4 Juara 1 dalam Kejuaraan Internasional Pencak Silat

Padasuka.id- Tegal. Perkembangan dunia keatletan pada cabang olah raga bela diri asli Indonesia, pencak silat, semakin menggembirakan. Hal ini terlihat dari maraknya pertandingan yang diselenggarakan, baik yang bersifat regional, nasional, maupun internasional. Dalam perkembangan ini, pencak silat karya Kiai Nahdlatul Ulama (NU) yang terwadah dalam PSNU Pagar Nusa, turut menjadi bagian yang diperhitungkan. Satu misal, keberhasilan atlet Peguron Sapu Jagad dalam “Kejuaraan Internasional Pencak Silat Pandu Samudra Championship 2” yang digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) Tegal Selatan, Tegal, Jawa Tengah, dari 2 — 4 Agustus 2019.

Dalam pertandingan yang cukup bergengsi itu, Peguron Sapu Jagad (PSJ) yang bernaung di bawah PSNU Pagar Nusa Pusat, menurunkan sejumlah atlet cabang perguruannya di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (PSJ Tegal). Berkenaan dengan hal ini, ketua dan sekaligus pelatih PSJ Tegal, Arif Tangguh, SH, menyampaikan rasa bangganya terhadap para atlet binaannya yang telah bekerja keras hingga berhasil menyabet juara 1 untuk beberapa kategori pertandingan.

Arif Tangguh, SH (tengah berkaos)

Arif menambahkan, bahwa PSJ Tegal selama ini bekerja sama dengan sekolah-sekolah menengah, baik swasta maupun negeri, untuk menjadikan silat Pagar Nusa sebagai mata pelajaran ekstra kurikuler. Dari beberapa sekolah itulah ia membina calon-calon atlet cabang olah raga bela diri asli Indonesia.

Kembali pada Kejuaraan Internasional Pencak Silat Pandu Samudra Championship 2 yang diikuti, Arif memerinci perolehan juara yang diraih oleh anak didiknya, yakni:

1.Juara 1, tanding F praremaja atas nama Ilham Amrullah dari SMP 1 Pangkah, Tegal.

2.Juara 1, tanding F putri, atas nama Nur Aeni dari SMP 1 Pangkah, Tegal.

3.Jara 2, kategori seni tunggal tingkat SMP atas nama Khofifah dari SMP 1 Pangkah, Tegal.

4.Juara 2, seni tunggal putra kelas remaja atas nama Haris dari SMKN 1 Dukuhturi, Tegal.

5.Juara 2, tanding remaja atas nama Akmalia dari SMP 2 Tarub, Tegal.

6.Juara seni tunggal atas nama Isnaenu dari SMP 2 Tarub, Tegal.

Di kelas Remaja
1-Juara 1 kelas A diraih oleh Khofifah
2-Juara kelas C diraih oleh Lulu dari SMK 1 Adiwerna, Tegal.
3-Juara kelas F diraih oleh Topik dari SMK 1 Adiwerna, Tegal.
4-Juara 2 kelas G diraih oleh Bayu dari SMU Dukuhwaru, Tegal.

Di Kelas Dewasa
1-Juara 1 kelas D diraih oleh Nida –,yang mendapat predikat pesilat terbaik putri.

2-Juara 2 kelas B diraih oleh Rina Iriyanti.

Dalam kejuaran ini, secara keseluruhan. lanjut Arif, PSJ Tegal meraih juara harapan 1, setelah PSHT Kradenan, Bali, Kerta Wisesa, dan Pencak Silat Akademi Blitar.

Atas pencapaian tersebut, Arif menyampaikan ucapan terima kasih kepada para atletnya, dewan guru dan kepala sekolah di semua sekolah tempat ia melatih. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar Peguron Sapu Jagad terutama kepada guru besarnya, Gus Yusuf Cokro.

Berita ini sebelumnya sudah tayang pada: Selasa, 6/8/2019.

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top