Kabar

Subhanallah. Mbah Moen Wafat di Mekkah Pada Hari yang Diharapkan

Padasuka.id- Mekkah. Selasa (6/8/2019) kabar duka datang dari Tanah Suci Mekkah Al-Mukarramah lalu menyelimuti tanah air. Seorang ulama kharismatik Indonesia yang juga sebagai Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Maimoen Zubair (Mbah Moen), berpulang ke haribaan-Nya di saat menjalankan rangkaian ibadah haji.

Kabar duka ini juga disampaikan oleh Ketua Umum Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA), KHR Syarif Rahmat RA, yang sedang berada di tanah suci, melalui sambungan Whatsapp.

Kenangan Kiai Syarif saat sowan Mbah Moen pada 2016

Kabar Duka
انا لله و انا اليه راجعون
Baru saja telah berpulang ke Rahmatullah, Ulama Besar Nusantara, Syaikhuna KH Maimoen Zubair di kota suci Makkah Al Mukarramah. Mohon segenap keluargaku melaksanakan Shalat Ghaib dan membacakan do’a dan Munajat untuk beliau. Al Fatihah,” demikian tulis Kiai Syarif di WAG PADASUKA Pusat pada pukul 09.03 WIB, sambil meminta keluarga besar PADASUKA agar melaksanakan shalat ghaib dan membacakan Kitab Munajat untuk Mbah Moen.

Begitu pula dengan PBNU, melalui Sekretaris Jenderalnya, H Helmy Faishal Zaini, atas wafatnya Mbah Moen, segera menginstruksikan Nahdliyin dan ummat Islam untuk melaksanakan shalat ghaib.

Kepada umat Islam, khususnya warga Nahdlatul Ulama, mari bersama-sama melaksanakan shalat ghaib dan membacakan surat Al-Fatihah untuk KH Maimoen Zubair. Semoga senantiasa ditempatkan di tempat yang paling mulia di sisi Allah SWT,” ungkap Sekjen Helmy.

Mbah Moen saat di tanah suci. Foto: SS dari video

Terkait wafatnya Kiai Sepuh asal Sarang, Rembang, Jawa Tengah, ini terdapat kisah yang mengharukan. Bahwa, almarhum dikabarkan pernah punya harapan untuk wafat di hari Selasa pada saat di tanah suci. Hal ini, seperti diungkapkan KH Zuhrul Anam Hisyam (Gus Anam) melalui akun Facebooknya. Gus Anam adalah salah seorang menantu Mbah Moen yang mendampinginya saat di tanah suci.

Mbah Yai Maimun pernah dawuh, minta didoakan meninggal pada hari Selasa karena biasanya orang ahli ilmu itu meninggalnya hari Selasa. Dan minta didoakan meninggal di Makkah pas haji… Masya Allah, diijabah oleh Allah semuanya,” demikian tulis Gus Anam melalui Facebooknya, Selasa (6/8), seperti dilihat pada pukul 11.25 WIB.

Harapan Mbah Moen diijabah oleh Allah SWT, beliau wafat pada hari Selasa, pukul 04.17 waktu Arab Saudi saat menjalankan rangkaian ibadah haji di Mekkah Al-Mukarramah.

Kanjeng Sunan saat menshalati janazah Mbah Moen di kantor Daker Mekah

Seperti telah diberitakan, Mbah Moen berangkat ke Tanah Suci pada Minggu, 28 Juli 2019 lalu. Dan, videonya saat mencium Hajar Aswad di bawah pengawalan askar Masjidil Haram sempat viral di media sosial.

Selamat jalan Mbah Moen, Tuhan selalu bersamamu. Al-Fatihah. (SM)

Berita ini sebelumnya sudah tayang pada: Selasa, 6/8/2019.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top