Kabar

Bertawassul Itu dengan Kalamullah, Bukan dengan Medsos

Padasuka.id – Bogor. Sabtu malam, 7 Muharram 1441 H (7/9/2019 M) dalam acara Tabligh Akbar di Pondok Pesantren Ar-Rusyda, Jl Raya Cileungsi – Jonggol, Kampung Cigarogol (Jl Dayeh, KM 3, Mekarsari), Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diungkapkan pentingnya bertawassul. Yakni, berwasilah (mencari perantara) untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT atas sesuatu yang diharapkan. Demikian salah satu materi yang disampaikan oleh Ustadz Ismail Akbar, dalam kata sambutannya atas nama pengasuh pesantren.

Diungkapkan pula, karena pentingnya tawassul sebagaimana dianjurkan oleh agama melalui wejangan para ulama, maka tawassul juga penting diajarkan terhadap para santri. Untuk itu, tambahnya, di Pesantren Ar-Rusyda dilaksanakan kegiatan-kegiatan yang mengandung unsur tawassul. Menurutnya, tawassul yang baik adalah dengan kalimat-kalimat yang baik pula, terutama kalamullah dan shalawat. Maka itu, di pesantren ini tawassul yang dilakukan adalah yang berbasis kedua hal tersebut. Lebih jelas lagi, di pesantren ini antara lain dibacakan Kitab Munajat, Yasin Fadhilah, dan Shalawat Nariyah.

Bertawassul itu dengan kalamullah agar dapat ridho dari Allah. Bukan tawassul bil-medsos. Tapi lucunya, sekarang ini banyak orang bertawassul malah pakai medsos. Bagaimana dikabulkan oleh Allah… Mari kita sadari, dan rubah kebiasaan itu,” ungkapnya Ustadz Ismail.

Ustadz Ismail Akbar

Ditegaskan pula, bahwa sekarang ini jaman serba mudah komunikasi, sehingga apa yang dihadapi seseorang malah lebih sering diangkat di media sosial bukan diangkat dalam doa di heningnya malam. Oleh karena itu, ia pun berpesan kepada para wali santri yang hadir agar banyak bertawassul dan berdoa kepada Allah SWT, bukan malah sebaliknya. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top