Kabar

Munajat Kliwonan Mandiraja; Simpuh Bersama untuk Sesama

Padasuka.id – Banjarnegara. Upaya menanamkan cinta Al-Qur’an dan menjadikan rangkaian kalimatnya sebagai amalan keseharian terhadap para siswa, diterapkan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah, Purwasaba, Mandiraja, Banjarnegara, Jawa Tengah. Hal ini, satu di antaranya dapat dilihat dari acara rutinan pembacaan Kitab Munajat Kumpulan Wirid dan Doa-doa Al-Qur’an yang dilaksanakan mingguan dan selapanan.

Ust. Suwartoyo saat membuka pembacaan Kitab Munajat

Jum’at siang, 27 September 2019, seluruh siswa-siswi dan sejumlah wali murid, serta dewan guru MTs Al-Hidayah duduk bersimpuh di aula madrasah mengamalkan pembacaan Kitab Munajat secara berjamaah. Kegiatan ini adalah agenda rutinan 35 harian, atau dalam istilah Kalender Jawa disebut selapanan dengan mengambil rangkapan hari Jum’at Kliwon. Karenanya, agenda rutinan ini diberi tajuk, “Doa Munajat dan Pengajian Rutin Jum’at Kliwon.”

Suasana pembacaan Kitab Munajat di aula MTs Al-Hidayah

Rangkaian acara yang dimulai dari pukul 14.00 WIB tersebut dibuka dengan pembacaan shalawat berirama untuk menghangatkan suasana. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Kitab Munajat. Namun sebelum memulai pembacaan, Ustadz Suwartoyo yang bertugas sebagai imam Munajat memberikan motivasi terhadap para siswa dan semua yang hadir terkait dengan keutamaan membaca Al-Quran. Antara lain diungkapkan, bahwa sebaik-baik ibadah setelah ibadah yang wajib adalah membaca Al-Qur’an. Sedangkan wirid dan doa dalam Kitab Munajat, semuanya berasal dari Al-Qur’an. Maka dari itu, jika kita mengamalkan Kitab Munajat, selain telah berdzikir dan berdoa, dengan sendirinya juga telah membaca Al-Qur’an. Dalam kata lain, dengan mengamalkan Kitab Munajat kita telah mendapatkan dua sisi kebaikan di waktu yang sama atas bacaan yang sama.

Berikutnya, dengan menundukkan hati semua yang hadir menggaungkan kalam-kalam suci yang terangkum dalam.Kitab Munajat. Satu pemandangan yang teramat indah, antara siswa, orang tua, dan dewan guru berada dalam satu ruangan yang sama dengan bacaan yang sama dalam upaya bersama-sama mengunduh ridho Tuhan untuk diri dan sesama, bangsa dan negara. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top