Kolom

Al Fatihah Sesuai Tujuan Membacakannya

Ilustrasi/Ist.

Oleh Abdul Hakim Abu Bakar

Kaum muslimin di Indonesia sudah sangat mengakar dalam mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Kita saksikan di tengah tengah ummat islam, apabila mereka mempunyai niat dan keinginan, mereka membaca Surat Al Fatihah, dengan tujuan niat dan keinginannya dikabulkan Allah.

Ada panitia pembangunan sarana ibadah berupa masjid, musolla dan majelis taklim, sangat banyak yang membantu melakukan pembangunan baik dari tenaga dan harta, maka mereka memohon kepada Allah agar bantuan mereka dapat diterima dan dilipat gandakan, lalu mereka membaca surat Al Fatihah.

Ada orang yang sakit, baik itu yang sedang dirawat atau yang sudah sembuh sekalipun, terdapat kaum muslimin berdoa kepada Allah agar sakit mereka disembuhkan dan dipelihara kesehatannya, lalu mereka membaca surat Al Fatihah.

Ada kaum muslimin yang telah meninggal dunia, lalu saudara-saudaranya bermunajat kepada Allah agar dosa dosanya diampuni Allah, seluruh amal ibadahnya diterima Allah dan kuburannya dijadikan taman surga serta dihindarkan dari adzab kubur, lalu mereka membaca surat Al Fatihah.

bahkan kita jumpai di dalam masjid, majelis taklim dan majelis dzikir para kiyai dan ustadz beserta jama’ahnya selalu membaca surat al fatihah, bisa dibaca satu sampai 5 kali bahkan lebih tergantung dari hajat dan niatnya. kebiasaan seperti ini sudah berjalan dari dahulu.

Sekarang muncul saudara-saudara kita dari kalangan salafi dan wahabi yang menjustifikasi amalan tersebut dengan kalimat bid’ah dan sesat, kata mereka tidak ada contohnya dari Rasulullah SAW.

Subhanallah, ternyata amalan kaum muslimin indonesia selama ini jelas beralasan dan berlandaskan Hadis Nabi. Rasulullah Bersabda

الفاتحة لما قرئت له (رواه البيهقى )

Artinya: Al Fatihah sesuai dengan tujuan membacakannya” ( HR Baihaqi)

لا علمنك يا ابا سعيد اعظم سورة فى القران قال: الحمد لله رب العالمين، هي السبع المثاني والقران العظيم الذى اوتيته (رواه البخاري)

Artinya: Sungguh aku akan mengajarkanmu wahai Abu Said, surat yang paling agung dalam Al Qur an: yaitu al hamdulillahi robbil alamin. itu adalah 7 ayat yang diulang ulang dan Al Qur an agung yang diberikan kepadaku. ( HR Al Bukhari)

Kaum musilimin yang sudah terbiasa membaca al fatihah supaya niat dan hajat dikabulkan Allah, maka teruslah melakukannya karena ada dasar dan landasannya. Bagi saudara-saudaraku yang suka membid’ahkan, berhentilah. Mari bersama-sama dalam hal yang disepakati dan saling menghormati dalam perbedaan, Insya Allah akan tentram.

Hasbunallah

Santri Kanjeng Sunan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top