Kabar

Tamsil Lebah dan Nenek Renta dalam Doa Bersama Polda Metro Jaya

Padasuka.id – Jakarta. Jum’at (11/10/2019) Kepolisian Daerah Metro Jaya menggelar acara bertajuk, “Doa Bersama untuk Indonesia Damai” di Wisma Atlet, Jl HBR Motik, Kemayoran, Jakarta Utara. Rangkaian acaranya dimulai dari pukul 17.52 WIB dengan melaksanakan shalat Maghrib berjamah di lokasi acara. Setelah pembukaan pada pukul 18.25 WIB, rangkaian acara berlangsung secara maraton, mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, gema kalam Ilahi, hingga sambutan-sambutan. Acara ini tidak hanya diikuti oleh personel Polda Metro Jaya namun melibatkan pula personil TNI, pemerintah daerah, dan elemen masyarakat. Tampak hadir dalam acara ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan sejumlah tokoh lainnya.

Dalam kata sambutannya, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono, antara lain menyampaikan: “Malam hari ini kita berdoa bersama- sama, TNI, Polri, dan seluruh komponen masyarakat dengan khusyu’ memohon kepada Allah SWT, agar pihak yang ingin mengganggu keamanan diberikan pencerahan. Kita harus menjaga Indonesia sampai kapan pun. Kita harus menjaga keberagaman yang merupakan kekayaan Indonesia.”

Melalui doa bersama itu pula diharapkan, pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, masa bakti 2019- 2024 pada Minggu (20/10/2019) nanti dapat berjalan lancar dan aman dengan pengamanan dari TNI dan Polri.

Acara ini kita lakukan karena kita cinta Tanah Air ini, cinta Tanah Air adalah bagian dari iman,” tandas Gatot di hadapan delapan ribuan hadirin yang memadati lokasi acara.

Berikutnya, senada dengan Gatot, Pangdam Jaya, Mayjen TNI Eko Margiono, mengapresiasi pelaksanaan acara doa bersama tersebut. Ungkapnya, “TNI dan Polri kita harus menjaga kerukunan dan kedamaian.”

Sebagai pengisi siraman rohani dalam acara itu adalah KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA. Ketua Umum Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA) tersebut antara lain mengupas tentang akhlak Rasulullah Muhammad SAW. Mengutip Hadits bersumber dari Aisyah RA, dikatakan bahwa akhlak Rasulullah SAW adalah Al-Qur’an: “Kaana khuluquhu Al-Qur’an.” Maka ungkapnya, jika ingin tahu seperti apa akhlak atau perilaku dan pola kepemimpinan Rasulullah SAW, lihatlah apa yang ada di dalam Al-Qur’an. Sebab, mulai dari urusan makan, tidur, bersosial, berekonomi, sampai memimpin sebuah negara, semuanya tertera di dalam kalam Ilahi tersebut.

Pada bagian berikutnya, Kiai Syarif membahas tentang Surat An-Nahl. Bahwa, di dalam surat tersebut dijelaskan, lebah mendapat ‘wahyu’ dari Tuhan dan mereka melaksanakan pola hidupnya sesuai dengan ketentuan wahyu. Maka, lanjutnya, berdasarkan wahyu itu lebah bisa hidup bersama, rukun, dan menerima ketentuan yang berlaku sesuai dengan ‘konstitusi’ negaranya, termasuk dalam menerima pengangkatan pemimpin mereka dan lain sebagainya. Melalui pola hidup yang seperti itu, dari dalam perut lebah kemudian mengeluarkan madu yang dapat menjadi penyembuh bagi umat manusia. Artinya, manfaat lebah dengan pola kehidupan mengikuti wahyu Tuhan, juga memberikan manfaat bagi warga negara yang di luar negaranya sendiri. Demikianlah semestinya sebuah warga negara, tandas Kiai Syarif, harus mengikuti konstitusi yang berlaku di dalam negaranya agar dapat memberikan manfaat, bukan hanya terhadap negerinya sendiri, namun juga bagi bangsa dan negara-negara yang lain.

Lebih lanjut Kiai Syarif mengajak semua komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kerukunan, menciptakan kedamaian, dan menghargai keragaman. Masih mengupas salah satu pesan dalam Surat An-Nahl, ia lalu menceritakan tentang perilaku seorang nenek renta pemintal benang yang kemudian ia rusak sendiri setelah pintalan itu menjadi selembar kain yang indah. Maka, pesannya lagi, jangan sampai warga negeri ini seperti perilaku nenek tersebut. Artinya, selembar kain yang bernama Indonesia ini, yang susah payah dirajut oleh para pendiri negeri menjadi negara kesatuan, jangan sampai kita cerai beraikan. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top