Kolom

Geger, Kaum Munajat Mengamalkan Amalan Malaikat

Oleh Abdul Hakim Abu Bakar

Dalam kitab “Aqidatul Awam” di jelaskan bahwa malaikat itu tidak punya ibu, bapak serta tidak makan dan minum. Malaikat adalah Makhluk Allah yang selalu melaksanakan perintah sesuai yang Allah tugaskan, dan sedikitpun tidak pernah melenceng dari perintah. Bahkan terdapat Malaikat yang selalu memohonkan ampun buat orang orang yang beriman, juga memohonkan keselamatan serta mereka di masukan kedalam surga oleh Allah.

Allah SWT berfirman:

اَلَّذِيْنَ يَحْمِلُوْنَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهٗ يُسَبِّحُوْنَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُوْنَ بِهٖ وَيَسْتَغْفِرُوْنَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا  ۚ رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَّعِلْمًا فَا غْفِرْ لِلَّذِيْنَ تَا بُوْا وَا تَّبَعُوْا سَبِيْلَكَ وَقِهِمْ عَذَا بَ الْجَحِيْمِ

Artinya: “(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka.” (QS. Ghafir: 7)

رَبَّنَا وَاَ دْخِلْهُمْ جَنّٰتِ عَدْنِ ٭ِلَّتِيْ وَعَدْتَّهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ اٰبَآئِهِمْ وَاَ زْوَا جِهِمْ وَذُرِّيّٰتِهِمْ ۗ اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ۙ

Artinya: “Ya Tuhan kami, masukkanlah mereka ke dalam Surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka, dan orang yang saleh di antara nenek moyang mereka, istri-istri, dan keturunan mereka. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana,” (QS. Ghafir: 8)

وَقِهِمُ السَّيِّاٰتِ ۗ وَمَنْ تَقِ السَّيِّاٰتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهٗ ۗ وَذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ

Artinya: “dan peliharalah mereka dari (bencana) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (bencana) kejahatan pada hari itu, maka sungguh, Engkau telah menganugerahkan rahmat kepadanya dan demikian itulah kemenangan yang agung.” (QS. Ghafir: 9)

Perhatikan ayat Al Qur an di atas, bahwa terdapat para malaikat yang selalu berdao buat orang orang yang beriman, yang bertaubat dan berada dalam qoridor Allah. Kalau para malaikat saja berdoa untuk keselamatan dan kebaikan orang yang beraman, lalu kenapa sesama insan beriman dan beragama Islam ingin saling menikam dan membunuh satu sama lain? tidak engkau perhatikan keselamatan sesama dari pada mencelakakan???

Kaum Munajat di manapun mereka berada selalu membaca doa diatas dalam tiap munajat mereka, Majelis Munajat bertebaran dimana mana, dan sudah pasti mereka berdoa dan mengamalkan doa dan amalan para Malaikat. Kaum Munajat tidak mungkin menikam, mencelakakan, mencederai dan melukai apalagi sampai ingin membunuh sesama orang beriman, Sebab dalam Munajat mereka keselamatan sesamalah yang dinginkan.

Semoga doa doa kita diijabah Allah, dan orang orang yang beriman di selamatkan Allah. Negeri tempat orang beriman pun didamaikan dan diselamatkan Allah dari ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Hasbunallah
Santri Kanjeng Sunan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top