Kolom

Wahai Kaum SOSMED Camkan ini

Ilustrasi

Oleh Abdul Hakim Abu Bakar

Tahun-tahun ini Bangsa Indonesia sedang demam Sosial Media (SOSMED), dari kalangan anak anak sampai kalangan wong tua hampir mengenal dan menggunakan SOSMED. Hinaan, fitnahan, umpatan dan gunjingan kerap kita temukan dalam status dan kolom komentar yang terdapat dalam SOSMED.

Bahkan, tidak hanya dalam SOSMED hinaan, umpatan, fitnahan dan gunjingan dilakukan, di layar televisi pun kita saksikan ucapan yang dilakukan oleh pengamat dan politikus, yang herannya sampai di panggung panggung dakwahpun hinaan, dan umpatan itu di lakukan. Padahal sesama orang yang beriman harus saling mendoakan untuk keselamatan dari dunia sampai akhirat.

Allah Sampaikan kepada Rasulullah SAW dalam Al Qur an

Allah SWT berfirman:

فَا عْلَمْ اَنَّهٗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَا سْتَغْفِرْ لِذَنْبِۢكَ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنٰتِ  ۗ وَا للّٰهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْ وَمَثْوٰٮكُمْ

“Maka ketahuilah, bahwa tidak ada Tuhan (yang patut disembah) selain Allah, dan mohonlah ampunan atas dosamu dan atas (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat usaha dan tempat tinggalmu.” (QS. Muhammad: 19)

Allah sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW untuk memohonkan ampun atas dosa orang orang yang beriman, bukan umpatan, fitnahan dan gunjingan, apalagi sampai ingin membunuhnya.

Simaklah firman Allah berikut ini

Allah SWT berfirman:

وَلَا تُطِعْ كُلَّ حَلَّا فٍ مَّهِيْنٍ ۙ 

Artinya: “Dan janganlah engkau patuhi setiap orang yang suka bersumpah dan suka menghina,” (QS. Al-Qalam : 10)

هَمَّا زٍ مَّشَّآءٍ بِۢنَمِيْمٍ ۙ 

Artimya: “suka mencela, yang kian kemari menyebarkan fitnah,” (QS. Al-Qalam: 11)

مَّنَّا عٍ لِّلْخَيْرِ مُعْتَدٍ اَثِيْمٍ ۙ 

Artinya: “yang merintangi segala yang baik, yang melampaui batas, dan banyak dosa,” (QS. Al-Qalam : 12)

عُتُلٍّۢ بَعْدَ ذٰلِكَ زَنِيْمٍ ۙ 

Artinya: “yang bertabiat kasar, selain itu juga terkenal kejahatannya,” (QS. Al-Qalam: 13)

Wahai saudaraku pengguna SOSMED, tidak elok kita mengikuti siapapun yang suka menghina, menfitnah dan mencela satu sama lain. Mari tebarkan kasih sayang di tengah umat, siapa yang menebarkan kasih sayang maka orang tersebut akan mendapatkan kasih dan sayang dari Dzat yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Hasbunallah

Santri Kanjeng Sunan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top