Kabar

Ribuan Jamaah Padati Kirab Santri dan Istighosah Indonesia Damai

Padasuka.id – Madura. Perhelatan Hari Santri Nasional ke-5 (Selasa, 22 Oktober 2019) sudah di ambang pintu. Begitu juga pelantikan Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemihan Umum (Pemilu) 2019 ini, juga sudah dekat. Dengan begitu, tidak lama lagi, rakyat Indonesia akan merayakan dua momentum bersejarah sekaligus. Pertama, pelantikan Presiden Ir H Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Yang dengan itu pula, berarti republik ini kembali akan dipimpin oleh presiden yang menetapkan Hari Santri dengan wakil presiden yang tetap dengan penampilan ala santri yang juga seorang kiai dari sekalian kaum santri. Kedua, adalah momentum perayaan Hari Santri Nasional (HSN) yang memiliki latar belakang sejarah perjuangan heroik untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia oleh para kiai, kalangan santri, dan masyarakat umum.

Spanduk acara Istighosah Indonesia Damai

Dengan harapan kedua momentum tersebut berjalan lancar dan aman, serta negeri ini senantiasa dalam suasana tenteram di bawah naungan ridho Tuhan, Kamis malam, 17 Oktober 2019, para kiai, kaum santri, dan elemen masyarakat di Kabupaten Bangkalan menggelar acara “Kirab Santri” dan “Istighosah Indonesia Damai.”

Peserta kirab berjalan kaki menuju makam Syaikona Cholil

Suasana Istighatsah di masjid Makam Syaikona Cholil Bangkalan (Foto: Syaichona.net)

Menurut salah seorang peserta kirab, Muhammad, acara Kirab Santri tersebut untuk mengenang Resolusi Jihad NU. Di mana, rombongan santri dan masyarkat melakukan kirab yang dimulai dari Pondok Pesantren Syaikhona Cholil di Kota Demangan, Bangkalan, menuju ke makam pendiri pesantren tersebut (KH Muhammad Cholil bin Abdul Lathif) di daerah Mertajesah, Bangkalan yang berjarak sekitar 1 KM ke arah barat. Sesampainya di areal masjid makam Syaikhona Cholil, rombongan lalu bergabung dengan para jamaah yang lain berserta para kiai untuk menggelar istighatsah. Secara khusus, seperti yang tertera di spanduk acara, gelaran istigjatsah ini, “Dalam Rangka Mensukseskan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.” Seperti telah diberitakan, pelantikan Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024 itu akan dilaksanakan pada Minggu (20/10/2019) mendatang. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top