Kabar

Kisah Seorang Ustadz Ber-Munajat di DPP Taman Surga

Padasuka.id – Madinah. Pada umumnya tujuan ummat Islam berkunjung ke Kota Madinah Al-Munawwarah adalah untuk beribadah di Masjid Nabawi, berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan sahabatnya, serta untuk shalat dan berdoa di “Raudhah.” Yaitu, sebidang tempat yang berada di antara rumah Nabi SAW (yang kemudian menjadi makamnya) dan mimbar Nabi. Secara keseluruhan, kawasan Raudhah kini berada di salah satu bagian Masjid Nabawi. Kawasan ini hanya berukuran 22 x 15 meter ditandai dengan alas karpet berwarna hijau; berbeda dengan warna karpet di ruangan lain di dalam masjid Nabawi yang didominasi warna merah. Kawasan ini memiliki 5 tiang berwarna putih.

Penamaan Raudhah pada tempat tersebut, sepertinya terambil dari peristilahan yang terdapat dalam Hadits Nabi SAW yang artinya: “Tempat di antara rumahku dan mimbarku adalah ‘Raudhah’ (taman) di antara taman-taman surga.” (HR Al-Bukhari)

Suasana dalam Raudhah

Menilik dari Hadits di atas menunjukkan bahwa Raudhah adalah tempat yang menyimpan keistimewaan. Dikatakan pula, Raudhah adalah ‘maqam istijabah’ yakni tempat diijabahnya suatu permohonan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, seluruh jamaah haji atau umrah akan mengupayakan agar bisa beribadah di tempat ini. Hanya saja, karena ukurannya yang tidak terlalu luas, beribadah di Raudhah waktunya dibatasi, mengingat ribuan, bahkan mungkin jutaan ummat Islam dalam setiap harinya yang ingin beribadah di sana.

Namun begitu, karena secara umum Raudhah merupakan tempat (shaf) bagi jamaah di Masjid Nabawi, jika seorang jamaah dapat giliran masuk Raudhah bersamaan dengan waktu shalat fadhu, maka mereka akan bisa cukup lama di tempat istimewa ini. Apalagi jika waktu shalat Jum’at, tentu akan lebih lama lagi karena ada waktu khutbahnya. Nah, kesempatan ini yang dialami oleh jamaah Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA), Ust. Sunarwo, saat berkunjung ke Madinah dalam rangkaian ibadah umrahnya, belum lama ini.

Waktu saya umrah, ketika di Madinah, pas Jum’atan dapat tempat di Raudhah. Makanya saya bisa baca Kitab Munajat di sana. Alhamdulillah bahagia sekali rasanya saya bisa baca Kitab Munajat di sana,” ungkap Ust. Sunarwo kepada Padasuka.id.

Kesempatan langka itu, lanjut Ust. Sunarwo terjadi pada hari Jum’at, 25 Oktober 2019 yang lalu. Dari semua rombongan umrahnya, hanya ia sendiri yang mendapat kesempatan itu. Sebab, saat ia datang ke Masjid Nabawi untuk Jum’atan berangkat mulai dari pukul 9 pagi, hingga ia pun mendapat shaf di kawasan Raudhah.

Kembali lagi pada Ust. Sunarwo membaca Kitab Munajat, saat itu di sampingnya ada jamaah dari Pakistan yang diam-diam turut menyimaknya.

Pas saya baca Kitab Munajat sebelah saya ada hafizh Qur’an dari Pakistan dengerin saya baca Munajat, namanya Falaqi Al-Hafizh. Begitu selesai, beliau minta Kitab Munajat lalu membacanya sampai selesai. Kata beliau, kitab yang sangat bagus,” terang Ust. Sunarwo sambil memperlihatkan foto orang yang dimaksud.

Ust. Sunarwo (kanan) bersama Falaqi Al-Hafizh

Terkait dengan kata Raudhah, atau taman dari taman-taman surga, sejatinya bukan hanya tertuju pada tempat seperti yang diungkap di atas saja. Merujuk pada Sabda Nabi SAW yang lain, ada tempat lain yang juga dinyatakan sebagai Raudhah, satu misal adalah majelis dzikir. Maka itu, penyusun Kitab Munajat, KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA, dalam ceramah-ceramahnya sering mengatakan, bahwa Raudhah bukan hanya yang di Madinah, melainkan di mana saja tempat dijadikan tempat berkumpul untuk berdzikir kepada Allah adalah juga Raudhah. Hanya saja, sambungnya, Raudhah yang di Madinah diistilahkan sebagai Raudhah Dewan Pimpinan Pusat, alias “DPP Taman Surga.” Menilik dari kesempatan yang diperoleh oleh Ust. Sunarwo, berarti ia telah berkesempatan mengamalkan Kitab Munajat yang merupakan butiran mutiara Al-Qur’an, di DPP Taman Surga.

Selamat ya Ustadz. Semoga pula yang lain, terutama para pembaca setia Padasuka.id sama-sama memperoleh kesempatan yang sama; ber-Munajat di DPP Taman Surga. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top