Kabar

Tiga Hal Ini akan Melapangkan Anda Masuk Surga

Padasuka.id – Jakarta. Sejatinya dalam beragama penuh dengan keindahan yang kelak juga dijanjikan dengan sejuta keindahan tiada tara, yaitu surga. Hanya saja, seringkali para penganut agamanya yang terlalu jumud dalam menerapkan hukum-hukum agama sesuai dengan tafsirnya masing-masing. Dalam salah satu sabdanya, Rasulullah Muhammad SAW mengungkapkan, dengan tiga hal ini seseorang akan dilapangkan masuk surga. Dan ketiga hal tersebut, sejatinya lumrah dilakukan dalam kehidupan manusia.

Uraian tersebut di atas adalah bagian dari pengantar Ust. Abdul Hakim Abubakar, S.Pd.I, saat membuka acara pembacaan “Kitab Munajat Kumpulan Wirid dan Doa-doa Al-Qur’an” di Masjid Jami’ As-Salam, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu malam (6/11/2019). Acara ini merupakan rutinan mingguan, yakni dilaksanakan setiap Rabu malam Kamis, setelah shalat Magrib berjamaah sampai masuk waktu Isya’.

Kembali lagi pada uraian Ustadz Hakim. Ia mengutip sabda Rasulullah SAW:

اعبدوا الرحمن واطعموا الطعام وافشوا السلام تدخلوا الجنة بسلام

Artinya: Sembahlah Allah yang Maha Pemurah, berilah makanan kepada orang lain dan sebarluaskanlah salam kedamaian, niscaya kalian masuk surga dengan kedamaian. (HR Tirmidzi)

Ibu bapak ingin masuk surga dengan penuh kedamaian? Seluruh jamaah yang hadir sangat ingin, jangan kata ibu bapak yang rajin ibadah seperti ini yang ingin masuk surga, penjahat dan ahli maksiat sekalipun pasti ingin masuk surga,” tanya Ustadz Hakim lalu melanjutkan.

“Dari Hadits di atas, Rasulullah memberikan beberapa amalan yang harus dilakukan supaya dimasukan ke dalam surga dengan penuh kedamaian. Apa saja? Pertama, sembahlah Allah Yang Maha Rahman, Allah SWT yang dengan segala kemurahannya telah memberikan segalanya buat kita, maka Allah meminta kepada kita agar selalu menyembah-Nya. Artinya, kebaikan apapun yang kita lakukan dalam hidup ini semua dalam rangka beribadah kepada Allah. Sebab ada ibadah yang langsung berhubungan dengan Allah dan ada ibadah yang berkaitan dengan manusia dan alam.

Berikutnya, alumni Pondok Pesantren Ummul Qura, Tangerang Selatan, ini mengulas bagian kedua dari tiga hal yang dapat melapangkan seseorang masuk ke dalam surga. Yaitu, memberikan makanan pada orang lain. Dalam bahasan ini, ia mengelaborasi dengan kisah di masa lampau.

Kedua, berikan makanan kepada orang lain. Berbagi dan memberikan makanan kepada orang lain dapat mendatangkan keridhoan Allah. Jangankan memberi makan dan membantu orang susah supaya masuk surga dengan kedamaian, memberi minum dan makanan kepada binatang saja juga bisa mendatangkan keridhoan Allah. Oleh karenanya, jangan pelit terhadap orang lain, periksa tetangga kita, bagaimana makanan dan minumannya, bagaimana pakaian anak-anaknya yang sekolah dan lain sebagainya. Tolong dan bantulah mereka,” urainya seraya memberikan pesan, lalu melanjutkan pada bagian ketiga.

Ketiga, sebarluaskan kedamaian. Islam adalah agama keselamatan, agama kedamaian, maka sebagai orang yang menganut agama Islam menjadi tanggung jawab moral untuk menyebarkan kedamaian di tengah-tengah ummat. Artinya, ummat Islam pantang menyebarkan kegaduhan, keradikalan, keributan, dan kekerasan, karena Rasulullah Muhammad SAW diutus oleh Allah untuk menyampaikan rahmat Allah ke seluruh alam. Nah, kalau tiga hal ini diamalkan insya Allah bisa masuk surga dengan penuh kedamaian,” pungkasnya.

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top