Kabar

Perjalanan Organisasi Guru dan Penetapan Hari Guru Nasional

Padasuka.id – Jakarta. Hari ini, 25 November 2019 adalah Hari Guru Nasional. Lantas, bagaimana awalnya hingga ada hari yang disematkan secara khusus kepada insan pendidik itu? Melansir dari situs resmi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), adanya Hari Guru Nasional tidak lepas dari keberadaan organisasi para guru itu sendiri. Sedangkan organisi para guru di negeri ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Disebutkan, pada 1912 dibentuk Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini merupakan wujud perjuangan para guru pribumi di masa kolonial Belanda yang anggotanya terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah. Secara umum, para guru yang tergabung dalam PGHB bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua –atau umum pula disebut “Sekolah Ongko Loro.”

Saat murid-murid akan masuk kelas di masa dulu (Dok. Istimewa)

Pada tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) dirubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Yakni merubah istilah “Hindia Belanda” menjadi kata “Indonesia.” Perubahan nama ini menandai semangat keindonesiaan mereka –yang tentu saja sejalan dengan amanat Sumpah Pemuda 1928.

Kemudian, pada tanggal 24 — 25 November 1945 digelar Kongres Guru Indonesia di Surakarta (Jawa Tengah). Melalui kongres ini segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku, sepakat dihapuskan. Mereka adalah: guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan guru yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang saat itu baru dibentuk. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945 –seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia–  Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Bp. Soerjoadipoetro tengah mengajar di Taman Siswa Bandung. Foto koleksi KITLV.

Singkatnya, setelah bertahun kemudian, melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 78 Tahun 1994, pemerintah menetapkan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekaligus juga menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Selamat Hari Guru Nasional, 25 November 2019. Untukmu para guru, jasamu ‘kan dikenang selalu. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top