Kabar

Dari Ngejring; Bangun Tangga di Dinding Bukit Menuju Tandon

Padasuka.id- Wonogiri. Seperti telah diberitakan di media ini terkait upaya pengangkatan air dari dasar Gua Jomblang Ngejring di Dusun Ngejring, Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Jawa Tengah, sampai saat ini masih terus berproses. Setelah berhasil dalam uji coba pengangkatan air dari perut bumi pada kedalaman 180 meter, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan tandon, landasan, serta fasilitas lainnya sebagai penunjang.

Terhitung sejak Rabu, 27 November 2019 sampai hari ini, sedang berlangsung pembangunan tangga semen menuju lereng bukit, tempat tandon distribusi air berada. Pembuatan tangga ini untuk mempermudah para petugas yang nantinya akan melakukan kontrol atau perawatan tandon dan lain sebagainya yang berada di lereng bukit Dusun Ngejring. Dengan menempatkan tandon di atas bukit, tidak perlu lagi membangun tiang penyangga sebagai tempat tandon (torn).

Tangga yang sedang dibangun di dinding bukit menuju tempat tandon tersebut, ketinggiannya sekitar 40 meter dari jalanan kampung yang berada kaki bukit. Adapun pekerjanya, berjumlah 10 orang berasal dari 4 dusun di sekitar Gua Jomblang Ngejring. Demikian, seperti dituturkan oleh pemuda Karangtaruna Desa Gendayakan, Eko Andriyanto, Senin, 2 Desember 2019.

Berikut ini foto-foto saat pengerjaan tangga di dinding bukit tersebut.

Tampak para pekerja sedang mengaduk bahan bangunan dan bentangan ketinggian tangga menuju tempat tandon

Seorang pekerja sedang memikul bahan bangunan dari kaki bukit melintasi anak tangga yang sedang digarap

Anak tangga bagian tengah hingga posisi tandon

Pengerjaan di areal tempat tandon

Tampak areal perkampungan jika dilihat dari posisi tandon di lereng bukit

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top