Kabar

Presiden Jokowi Dinobatkan Sebagai Asian of the Year 2019

@jokowi

Padasuka.id,– Di penghujung tahun ini, media Singapura, The Straits Times, menobatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai “Asian of the Year 2019.” Sebuah penghargaan yang diberikan setiap akhir tahun kepada tokoh atau institusi yang dinilai telah berkontribusi secara signifikan dan positif terhadap masyarakat, bangsa, negara, dan Benua Asia.

Pada edisi Kamis (5/12/2019) di halaman utamanya, The Straits Times menuliskan, Presiden Jokowi adalah sosok pemersatu di tengah kekacauan yang tengah melanda dunia. Disebutkan pula, penobatan Jokowi sebagai Asian of the Year 2019 karena ia dinilai tangkas dalam memimpin dan menghadapi rumitnya persoalan yang terjadi, baik di dalam atau pun di luar negeri. Di sisi lain, Presiden RI ke-7 ini juga mendapat perhatian dunia internasional yang telah menelurkan gagasan ASEAN Outlook.

Istimewa

Sementara itu, Pemimpin Redaksi The Straits Times, Warren Fernandez, mengungkapkan alasannya kenapa Jokowi dipilih sebagai Asian of the Year 2019, menurutnya, Jokowi telah berkontribusi terhadap Asia dengan cemerlang. Ia juga dinilai telah menyatukan Indonesia serta membawa negerinya terus maju melangkah ke depan.

Di ASEAN, masih ada banyak ruang bagi Jokowi untuk mengarahkannya lebih jauh jika beliau menggunakan keterampilan politiknya yang piawai dan hubungan baik yang dimilikinya dengan negara lain,” ungkap Warren.

Secara spesifik, The Straits Times menjelaskan, penghargaan terhadap Jokowi adalah bentuk penghormatan atas perjalanan dan perjuangannya yang luar biasa menuju kursi presiden, serta prestasinya dalam melayani rakyat Indonesia. Disebutkan pula, Jokowi merupakan presiden pertama Republik Indonesia yang tidak berasal dari kalangan elit politik dan bukan pula dari kalangan militer.

Atas penghargaan tersebut, melalui akun Twitternya, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih serta mengatakan bahwa penghormatan itu bukan hanya untuk dirinya tetapi juga untuk Indonesia.

Terima kasih. Ini kehormatan bukan untuk saya semata-mata, tapi untuk Indonesia,” demikian tulisnya di akun @jokowi dengan disertai foto halaman depan The Straits Times yang bergambar dirinya.

Kembali pada ulasan The Straits Times, menurut media yang terbit sejak 1845 tersebut, Jokowi dipandang mampu menghadapi tantangan ke depan. Kecuali itu, media ini berharap agar Jokowi senantiasa tegas dalam upaya membangun Republik Indonesia yang demokratis, bebas korupsi, toleran, dan terbuka.

Selamat untuk Bapak Presiden Jokowi; selamat pula untuk Indonesia.

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top