Kabar

Duh! Akibat Banjir Pesantren Ini Porak Poranda

Padasuka.id – Bogor. Bencana banjir yang melanda sejumlah kawasan di Jakarta -Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek) pada awal tahun 2020 ini, menyisakan duka yang mendalam. Selain telah merenggut korban jiwa, sejumlah bangunan hancur berantakan. Dalam kondisi darurat, korban banjir yang rumahnya belum bisa ditempati, harus tinggal di tenda pengungsian. Malahan, sebagian daerah ada yang terisolir dari bantuan karena kondisi akses jalan yang terputus.

Salah satu bangunan yang ambruk dan masih berlumpur

Untuk korban banjir yang sampai menghanyutkan bangunan dan sempat terisolir, antara lain menimpa Pondok Pesantren Nurul Hikmah yang beralamat di Kampung Congcorang, Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Bogor, Jawa Barat. Melihat kondisi pesantren ini setelah diterjang banjir pada Rabu pagi, 1 Januari 2020 yang lalu, sangat memprihatinkan. Di sana-sini yang terlihat bangunan rusak dan hamparan lumpur serta material sisa banjir lainnya. Demikian, seperti dilaporkan H Jalaludin Nasich, penggiat Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA) Bogor yang berkunjung ke pesantren tersebut, Selasa, 7 Januari 2020.

Ajengan Jalal (kanan) bersama pengasuh pesantren

Kami bertemu dan berkomunikasi langsung dengan pimpinan pesantrennya, yaitu Kiai Ujang. Dan, kami mendapati sebagian bangunan pesantren tersebut hancur. Yaitu, satu asrama putra dengan jumlah 6 kamar santri, dapur umum santri, dan sebagian bangunan rumah kiainya. Di mana, bangunan-bangunam itu hanyut dibawa oleh banjir. Dapat dibayangkan, seperti apa dahsyatnya arus banjir saat itu,” terang Ajengan Jalal, sapaan akrabnya, yang datang ke pesantren tersebut bersama sejumlah pengamal Kitab Munajat dari alumni MTs. N Pilar Bogor, untuk menyampaikan bantuan dana dan sembako.

Lebih lanjut Ajengan Jalal mengatakan betapa ia merasa terenyuh melihat kondisi lembaga pendidikan bagi kaum santri itu, sebagian bangunannya hanya tinggal hamparan lumpur. Oleh karenanya, ia menghimbau kepada semua kalangan agar mengulurkan bantuan ke Pesantren Nurul Hikmah.

Foto bersama di salah satu sudut areal pesantren yang masih berlumpur

Untuk itu, atas rasa kemanusiaan, saya berharap kepada saudara-saudara sekalian, pun juga bagi pemerintah, baik daerah ataupun pusat, agar sudilah kiranya mengulurkan bantuan ke sana. Yakni, ke Pondok Pesantren Nurul Hikmah yang beralamat di Kampung Congcorang, Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Bogor,” pinta Ajengan Jalal yang mengaku siap mengantarkan para dermawan yang mau menyampaikan sumbangannya secara langsung ke lokasi pesantren yang sempat terisolir tersebut. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top