Kabar

Gerhana Bulan Penumbra Awali 2020

Padasuka.id,- Di awal tahun 2020 ini cakrawala akan dihiasi peristiwa alam yang indah, Gerhana Bulan Penumbra. Yakni, satu peristiwa gerhana akibat pancaran cahaya matahari ke bulan terhalang oleh bumi. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) peristiwa itu akan terjadi pada Sabtu, 11 Januari 2020, mulai pukul 00.05 WIB.

Melalui situs resminya, bmkg.go.id (8/1/2020) dijelaskan, gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

BMKG juga menjelaskan, seluruh proses gerhana dapat dilihat di Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian Timur, sebagian kecil Australia bagian Barat, dan Samudera Hindia. Proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di Afrika bagian Barat, Samudera Atlantik, sebagian kecil Amerika bagian Timur Laut, dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian Timur. Proses Gerhana pada saat Bulan terbenam dapat diamati di Amerika Utara bagian Barat Laut, Samudera Pasifik bagian Barat, dan sebagian besar Australia bagian Timur. Gerhana ini tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian Timur.

Sementara itu Kepala Subbidang Layanan Informasi Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Himawan Widiyanto, di Kantor BMKG Jakarta, kepada awak media mengatakan, gerhana akan mencapai puncak pukul 02.10 WIB dan berakhir pukul 04.14 WIB. Yang mana, menurutnya gerhana bulan bisa disaksikan di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali di Papua.

Terkait dengan cuaca, menurut Himawan, gerhana bulan penumbra tidak akan berpengaruh terhadap cuaca dan hanya sedikit mempengaruhi pasang surut air laut.

Setelah akhir 2019 lalu cakrawala dihiasi dengan Gerhana Matahari Cincin, di awal 2020 ini akan dihiasi dengan Gerhana Bulan Penembra. Adakah ini isyarat alam yang menyimpan pesan untuk manusia? Mungkin saja. (AF)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top