Kabar

Sepekan Menuju Nusantara Bermunajat

Padasuka.id,- Untuk kali ke-3 Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (PADASUKA) kembali akan menggelar perhelatan akbar “Nusantara Bermunajat.” Jika sebelumnya acara tahunan itu, dua kali berturut-turut, digelar di Masjid Istiqlal Jakarta, kali ini akan digelar di masjid bersejarah yang dibangun oleh Wali Songo. Yaitu, Masjid Agung Demak, Jawa Tengah. Adapun waktu pelaksanaannya, Minggu, 19 Januari 2020, dari pukul 09.00 WIB (pagi).

Penggunaan istilah “Nusantara Bermunajat” pada acara tersebut, agaknya mengacu pada salah satu acara intinya, yaitu doa bersama untuk kebaikan bangsa dan negara menggunakan rangkaian doa yang tertera dalam “Kitab Munajat.” Kitab yang dimaksud berisi rangkaian wirid dan doa-doa para Nabi yang diabadikan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur’an. Kitab Munajat disusun oleh Ketua Umum PADASUKA, KHR Syarif Rahmat RA, SQ, MA. Sebagaimana kitab yang berisikan doa seisi Al-Qur’an, doa tentang apapun tersedia dalam Kitab Munajat. Termasuk doa untuk meraih kemakmuran dan kententraman bagi bangsa dan negara.

Dalam Nusantara Bermunajat yang ke- 3 ini, menurut ketua pelaksana acara, Ustadz Awang Bachtiar, mengusung tema: “Damailah Bangsaku Bangkitlah Negeriku.”

Sejumlah panitia NB 3 saat pertemuan bersama Ketum PADASUKA

Sementara saat ditanya persiapan menuju acara yang akan dihadiri oleh sejumlah ulama dan sederet tokoh itu, menurutnya sudah 80 prosen.

Persiapan untuk kegiatan Nusantara Bermunajat yang ke-3 ini bertempat di Kota Wali, Demak, Jawa Tengah. Sudah 80 prosen persiapan yang kami lakukam. Ketua Pelaksana selalu berkoordinasi dengan Sekretaris Penggurus Mesjid Agung Demak agar acara tercapai sesuai rencana. Peralatan dan kelengkapan sudah dikondisikan,” terang Ustadz Awang kepada Padasuka.id, Rabu (1/1/2020).

Tujuan Kegiatan Nusantara Bermunajat, bukan hanya sedekar kegiatan tahunan, tetapi ini kegiatan yang biasanya dilaksanakan di Masjid Istiqlal Jakarta, saat ini dilaksanakan di Kota Wali Demak, dengan tujuan mengembalikan semangat dalam dakwah dengan mengingat Mesjid Agung Demak memiliki nilai sejarah dan energi besar para wali di Nusantara yang luas ilmunya luwes pemikirannya dengan harapan membawa ketenangan dan berkah untuk semuanya. Saat ini kami mengangkat tema “Damailah Bangsaku Bangkitlah Negeriku,” tegasnya.

Sejumlah spanduk acara sudah terpasang

Undangan meliputi Gubernur Jawa Tengah dan wakilnya, Bupati Demak, Kapolres, Pengurus NU, Fatayat NU, Pagar Nusa, Ansor – Banser, dan ormas lainnya. Didukung juga oleh PADASUKA DPW Jawa Tengah dalam melancarkan kegiatan ini,” pungkas Ustadz Awang.

Terhitung dari hari ini, Nusantara Bermunajat 3 tinggal satu pekan ke depan.

Editor : M.A.R & Anuro

1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    asep

    11 Januari 2020 at 4:17 pm

    mantap…barokah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top