Kabar

Wanita Jepang Muallaf di PBNU

Padasuka.id – Jakarta. Secara bergantian dari waktu ke waktu warga Negara Jepang memeluk agama Islam melalui Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta. Setelah tahun lalu sejumlah warga negara sakura itu masuk Islam di Gedung PBNU; di tempat yang sama di awal tahun ini satu lagi seorang wanita warga negara yang sama masuk Islam di sana.

Yoko Onoue (33 tahun) demikian nama wanita Jepang yang melafalkan dua kalimat syahadat di Gedung PBNU pada Jum’at sore, 7 Februari 2020 dan dibimbing langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. Sebelum membimbing membaca syahadat, Kiai Said berpesan agar Yoko Onoue secara bertahap belajar mengaji dan shalat lima waktu.

Yoko Onoue (kelima dari kiri) bersama Ketum PBNU Kiai Said (keempat dari kanan) di Gedung PBNU Jakarta (Foto: NU Online)

Setelah ini jangan lupa mulai belajar ngaji dan shalat,” pesan Kiai Said seperti dirilis NU Online (7/2/2020).

Selanjutnya, Kiai Said membimbing Yoko mengucapkan dua kalimat syahadat. Wanita ini dengan lancar mengikutinya. Setelah itu, Kiai Said lalu menambah nama di belakang nama Yoko menjadi Yoko Aisyah.

Yoko adalah warga Kota Kawasaki, Provinsi Kagawa, Jepang. Ia tinggal di Indonesia sejak tahun 2007 lalu karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Selama 13 tahun tinggal di Indonesia, Yoko memiliki pandangan yang berbeda terhadap bangsa Indonesia dan membawanya menjadi seorang muallaf.

Meurut penuturannya, kini dia pun bahagia sudah menjadi muslimah  tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan siapapun. Seluruh keluarga di Jepang, imbuhnya, sudah mengetahui sebab Yoko minta izin terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya.

Saya sudah izin dan sudah memberi tahu orang tua saya,” kata Yoko Aisyah.

Setelah masuk Islam, Yoko berencana akan menikah dengan seorang anggota Banser Kota Bekasi, Jawa Barat, bernama Junaedi (26 tahun). Sebelum memutuskan untuk menikah dengan seorang WNI, Yoko mengaku sudah mengenal dekat dan jatuh cinta kepada anggota Banser tersebut.

Masih seputar warga Negara Jepang yang masuk Islam di PBNU; dua tahun lalu, tepatnya pada Senin (28/5/2018) dua warga Jepang antara lain bernama Yoshinori Aoki dan Toshikazu Watabe beikrar masuk Islam di PBNU serta dibimbingan oleh Kiai Said. Masih di tempat yang sama, setahun setelah itu, tepatnya pada Senin (24/6/2019), Kiai Said membimbing lima warga negara sakura itu membaca dua kalimat syahadat. Mereka. adalah: Kumiko Kojima, Shinya Konishi, Shiro Miyake Shigeto Saito, dan Kazuhiro Yano. Dan, di awal tahun ini, Jum’at (7/2/2020) seorang wanita Jepang bernama Yoko menyusul masuk Islam di tempat yang sama serta dibimbing oleh kiai yang sama. (*)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top