Kabar

Lagi, Hoax Tentang Corona

Padasuka.id – Jakarta. Meskipun pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) telah memberikan peringatan terkait penyebaran berita bohong (hoax), namun nyatanya media sosial selalu saja diramaikan dengan persoalan yang satu ini. Setelah dari media sosial, sebaran hoax tersebut biasanya merambah ke aplikasi percakapan berantai WhatsApp (WA) –terutama di grup-grup WA.

Gambar: Tangkapan layar dari kominfo.go.id

Berkenaan dengan sebaran hoax tentang virus corona, setelah beberapa waktu lalu Kementerian Kominfo menemukan 54 konten hoax dan disinformasi, muncul lagi hoax Presiden Cina Xi Jinping mendatangi masjid untuk minta doa kepada kaum muslimin demi epidemi virus corona itu segera berakhir. Hoax tentang ini masih beredar di beberapa grup WA, muncul lagi narasi berkonten hoax yang menyebutkan bahwa virus corona ditemukan di ayam broiler.

Berkenaan dengan hal tersebut, berikut ini penjelasan Kementerian Kominfo dalam siaran pers-nya yang dipublikasikan melalui situs resminya, kominfo.go.id (9/2/2020).

Penjelasan:
Telah beredar informasi di media sosial yang mengatakan bahwa virus corona ditemukan di ayam broiler, dalam narasinya juga menghimbau agar berhati-hati dalam mengkonsumsi ayam broiler. 

Setelah ditelusuri lebih lanjut, faktanya informasi tersebut tidak benar adanya. Pada tanggal 1 Februari 2020, di tengah wabah Coronavirus yang mematikan, muncul lagi wabah virus flu burung H5N1. Namun tidak ada satupun kasus setiap unggas yang ditemukan positif terkena virus Corona. Di sisi lain, virus corona berbeda dari Avian Influenza (H5N1), yang dapat diobati pada manusia dengan obat anti-virus yang tersedia. H5N1 tidak menular di antara manusia dan jarang menyebar ke manusia. 

KATEGORI: HOAKS

Link Counter :

http://www.hoaxorfact.com/health/coronavirus-found-broiler-chicken-warning.html

https://www.siasat.com/no-corona-virus-broiler-chickens-hyderabadghmc-1816599/

 

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top