Kabar

Hoax! Putin Terjunkan Singa Agar Warganya Diam di Rumah

Padasuka.id – Jakarta. Walau pemerintah telah menyampaikan peringatan keras terhadap penyebar hoax terkait Covid-19, tetapi nampaknya tiada hari tanpa sebaran hoax di media sosial dan aplikasi percakapan WhatsApp (WA). Sepanjang Minggu, 22 Maret 2020, bahkan sampai hari ini, beredar kabar bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengerahkan singa dan harimau agar warganya tetap berada di rumah saat Covid-19 mewabah.

Sebaran kabar itu berisi narasi dan gambar seekor singa yang berada di tengah jalan sebuah perkotaan. Tampak pula sejumlah mobil terparkir di sekitar seekor singa tersebut.

Tangkapan layar di salah satu grup WA

Adapun narasi dalam gambar itu berbunyi:

“Russia:
Containment:
Vladmir Putin has dropped 800 tigers and lions all over the country to push people to stay home.”

Sedangkap yang disebar melalui WA di antaranya diperjelas dengan narasi:

Di Rusia Presiden Vladimir Puttin mengerahkan macan & singa di jalanan supaya rakyatnya pada diam di rumah. Monggo bisa ditiru bagi negara yg rakyatnya GAK NURUT disuruh tinggal di rumah malah jalan2 / ngumpul2.😁”

Setelah mencari data kebenaran dari kabar tersebut kemudian didapat gambar serupa dalam situs berita “New York Post” dalam artikel tulisan Yaron Steinbuch, berjudul: “A lion named Columbus decided to explore Johannesburg.” Artikel ini tayang pada 15 April 2016 yang silam, mengupas tentang proses shooting film di kota Johannesburg, Afrika Selatan.

Selain media asing, KOMPAS.com juga pernah memuat berita tersebut pada Senin, 18 April 2016, dengan judul: “Warga Panik Lihat Singa Berkeliaran di Jalan, Ternyata Shooting Film.”

Tangkapan layar dari New York Post (https://nypost.com/2016/04/15/a-lion-named-columbus-decided-to-explore-johannesburg/)

Berikut ini sebagian kutipan dari artikel dalam KOMPAS.com:

Seekor singa jantan besar tertangkap kamera sedang berkeliaran di beberapa ruas jalan di kota Johannesburg, Afrika Selatan.

Tak hanya berkeliaran, singa jantan ini terlihat naik ke sebuah mobil dan meregangkan punggungnya. Foto-foto hewan buas ini dengan cepat menyebar di internet.

Namun, warga kota bisa bernapas lega setelah mengetahui bahwa ternyata singa yang berkeliaran di jalanan itu bukanlah singa liar.

Sang raja hutan itu ternyata adalah seekor ‘bintang’ dari sebuah film dan bernama Colombus. Aksinya berkeliaran di jalanan kota adalah bagian dari sebuah shooting film.
————————–

Kesimpulannya, bahwa kabar dan foto yang beredar di media sosial dan WA tersebut adalah hoax.

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top