Kabar

Meski Covid-19 Mewabah; Labuhan Tetap Digelar

Padasuka.id – Yogyakarta. Dalam kondisi merebaknya wabah penyakit yang oleh WHO dinamai Covid-19, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tetap menggelar acara tradisi yang disebut “Labuhan.” Menurut informasi dari seorang petugas di kraton, acara sakral tersebut akan digelar di daerah Gunung Merapi, Pantai Parangkumo, dan di Gunung Lawu.

Untuk hari ini (Rabu, 25/3/2020) acara Labuhan digelar di Pantai Parangkusumo Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Rabu (25/3). Hal ini dilakukan sebagai spirit menjaga Yogyakarta agar terlepas dari segala bencana dan sebagainya.

Bregada menandu benda yang akan dilabuh di Pantai Parangkusumo (Foto: krjogja.com/25/3/2020)

Melalui acara ini, kami berharap agar semua rakyat Ngayojakarta terbebas dari semua bencana. Cobaan yang datang hari ini akan segera selesai. Ke depannya kondisi akan baik-baik saja,” ungkap sumber tadi.

Disebutkan, kegiatan sakral ini pula menjadi bagian dari rangkaian “Tingalan Jumenengan Dalem” atau perayaan penobatan sultan sebagai Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Senada dengan sumber tadi, Camat Kretek, Cahya Widada, menuturkan bahwa melalui diadakannya acara Labuhan, menyimpan maksud sebuah pengharapan kepada Allahb SWT agar Yogyakarta tetap aman dan selamat dari berbagai cobaan, dan bencana yang terjadi akan segera berakhir, kembali menjadi normal kembali.
—————-

Keterangan:
Foto utama adalah suasana jalan raya di Malioboro, DIY, pagi tadi (Rabu, 25/3/2020)

Editor : M.A.R & Anuro

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top