Kabar

Pesan Presiden: Sementara Kita Berdamai dengan Covid-19

Padasuka.id – Jakarta. Melalui siaran video yang diunggah Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (7/5/2020), Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan beberapa hal terkait wabah Covid-19.

Presiden Jokowi menjelaskan, bahwa pemerintah telah berusaha keras dalam menangani wabah tersebut dan juga berharap agar puncak pandemi ini segera menurun. Namun demikian, dijelaskan oleh presiden, walaupun puncak pandemi turun, tetapi sesuai penelitian para ahli, tidak bisa langsung landai atau habis begitu saja. Karena, setelah turun, bisa juga naik lagi sedikit, lalu turun lagi, dan seterusnya. Maka, untuk sementara waktu, dalam fase tersebut, presiden menghimbau masyarakat untuk hidup berdamai dengan Covid, sampai vaksin yang efektif ditemukan.

Artinya, sampai (nanti) ditemukannya vaksin yang efektif, kita harus hidup berdamai dengan Covid untuk beberapa waktu ke depan,” ungkap Presiden Jokowi yang videonya juga bisa disaksikan di Kanal Youtube PADASUKA TV.

Presiden juga menyinggung soal kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diambil pemerintah dalam memerangi Covid-19. Menurutnya, Indonesia beruntung tidak menerapkan ‘Lockdown’ atau karantina wilayah yang dipilih untuk memerangi wabah mendunia tersebut.

Sebab, dengan PSBB yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia, masyarakat masih bisa beraktivitas meskipun terdapat pembatasan dalam beberapa hal. Meski ada pembatasan untuk memerangi virus corona baru in, lanjut Jokowi, pemerintah menyadari bahwa roda perekonomian harus tetap berjalan. Masyarakat, tandasnya, masih bisa beraktivitas secara terbatas, tetapi harus disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan.

Dengan PSBB masyarakat masih bisa beraktivitas, tetapi memang dibatasi. Masyarakat juga harus sadar membatasi diri, tidak boleh berkumpul dalam skala besar,” ungkap presiden.

Pada bagian berikutnya, Presiden Jokowi menyampaikan:

Silakan beraktivitas secara terbatas, tetapi sekali lagi, ikuti protokol kesehatan. Semua ini membutuhkan kedisiplinan kita semuanya, kedisiplinan warga, serta peran aparat yang bekerja secara tepat dan terukur.

Lebih lengkapnya pesan dan arahan Presiden Jokowi, silakan ditonton di kanal Youtube PADASUKA TV.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top