Anekdot

Cerita Gus Dur Tentang Orang Madura, Bikin Mahfud MD Ngakak

Foto : Istimewa

Cerita kecerdikan yang dibungkus kepolosan sikap orang Madura tidak luput dari bidikan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur untuk membuat suasana jadi cair dan geerrr. Dalam satu kesempatan, Gus Dur yang pernah mengaku mbah puterinya berasal dari Sumenep, Madura, itu menyampaikan kisah tentang orang Madura yang membuat menteri di kabinetnya yang asli Madura, Mohamad Mahfud MD, tidak bisa menahan tawa.

Cerita lucu tentang orang Madura itu diceritakan kembali oleh Mahfud MD yang kini menjabat sebagai Menko Polhukam dalam bukunya, “Setahun Bersama Gus Dur: Kenangan Menjadi Menteri di Saat Sulit (2003).” Mahfud menceritakan cerita Gus Dur tentang seorang tukang becak asli Madura yang sedang mengangkut penumpangnya kemudian ditegor polisi.

Prof. Dr Mahfud MD (Dok. Istimewa)

Diceritakan oleh Gus Dur, sambil membawa penumpang, tukang becak itu melewati jalan yang terdapat rambu gambar becak disilang dengan garis hitam. Yang itu artinya, jelas-jelas jalan tidak boleh dimasuki oleh kendaraan kayuh beroda tiga tersebut.

Seorang polisi menghentikan si tukang becak,” kisah Gus Dur.

Apa kamu tidak melihat gambar itu? Itu kan gambar becak tak boleh masuk jalan ini!

Oh, saya melihat Pak. Tapi itu kan gambarnya becak kosong, tidak ada pengemudinya. Becak saya kan ada yang mengemudi, tidak kosong berarti boleh masuk,” jawab si tukang becak santai.

Bodoh, apa kamu tidak bisa baca? Di bawah gambar itu kan ada tulisan bahwa becak dilarang masuk,” bentak polisi lagi.

Tidak Pak, saya tidak bisa baca. Kalau saya bisa baca, saya jadi polisi seperti sampeyan, bukan jadi tukang becak seperti ini,” jawab si tukang becak sambil mesem.

Editor : M.A.R & Anuro

1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    Amir maulana

    15 Mei 2020 at 6:57 pm

    Klo mattasim org madura jg bikin ngakak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top